Follow detikFinance
Selasa 14 Mar 2017, 11:29 WIB

Kenapa RI Harus Beralih dari BBM ke BBG? Ini Kata Jonan

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Kenapa RI Harus Beralih dari BBM ke BBG? Ini Kata Jonan Foto: Fadhly Fauzi Rachman/detikFinance
Jakarta - Pemerintah berupaya mendorong penggunaan gas bumi di masyarakat, sehingga tak tergantung pada minyak. Salah satunya di sektor transportasi lewat konversi bahan bakar minyak (BBM) ke bahan bakar gas (BBG).

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, menjelaskan alasan konversi BBM ke BBG perlu dilakukan di sektor transportasi.

"Waktu saya di transportasi saya dengar banyak mau ganti gas untuk BBM, tapi jalannya menurut saya pelan sekali. Ini pelan sekali. Kenapa harus merubah jadi gas? Satu lebih murah, kalau enggak lebih murah, insentif untuk user enggak ada, terus animo pasti kecil," ungkap Jonan di Hotel Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Selasa (14/3/2017).

Kedua, penggunaan BBG lebih ramah lingkungan dibanding dengan penggunaan BBM. Hal itu, kata Jonan, mendorong pemerintah untuk bisa bersama dalam mengelola iklim dunia yang baik.

Ketiga, Indonesia memiliki produksi harian gas bumi yang cukup besar. Rata-rata mencapai 1,3 juta sampai 1,4 juta barel setara minyak per hari, yang tentunya harus dimanfaatkan dengan baik.

"Sedangkan minyak mentah produksinya sekitar 800 ribu hingga 820 ribu barel perhari. Jadi gas masih jauh banyak untuk kita. Kalau mengatakan ini untuk mengurangi impor dan segalanya, mungkin PR 3 atau 4. klo mau tanya DMO (Domestik Market Obligation) berapa, saya inginnya sih DMO 100%" tutur Jonan.

Sementara itu, Direktur Komersial PGN Danny Praditya, mengatakan bahwa Indonesia perlu melakukan konversi BBM ke BBG di sektor transportasi, karena selama ini sektor transportasi menjadi sektor yang paling banyak memanfaatkan atau menggunakan minyak, dalam bentuk BBM

"Kenapa Indonesia penting harus diversifikasi dari BBM ke BBG, karena Indonesia sekarang one of the 15 largest oil consumer dari 100% BBM, 80% dari transportadsi dan transportasi darat punya peran sangat penting dalam bauran BBM," kata dia. (hns/hns)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed