Follow detikFinance
Selasa 14 Mar 2017, 14:53 WIB

Jonan Ingin Produsen Otomotif Produksi Mobil Berbahan Bakar Gas

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Jonan Ingin Produsen Otomotif Produksi Mobil Berbahan Bakar Gas Foto: Dok, PGN.
Jakarta - Guna menambah pemanfaatan gas bumi dalam negeri, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, berharap produsen kendaraan memproduksi mobil berbahan bakar gas.

Jonan mengatakan, saat ini pihaknya tengah mendorong Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) untuk menyediakan 1 dispenser Bahan Bakar Gas (BBG). Setelahnya, Jonan ingin produsen kendaraan memproduksi mobil dengan berbahan bakar gas.

"Kalau ini bisa jalan, saya kira Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) atau industri otomotif akan mendukung," kata Jonan di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, Selasa (14/3/2017).

Jonan menceritakan, Menteri ESDM sebelumnya, Sudirman Said, juga pernah melakukan pertemuan dengan Gaikindo. Dalam pertemuan yang juga dihadirinya itu, produsen kendaraan tersebut juga menyatakan komitmennya memproduksi kendaraan berbahan bakar gas, apabila infrastruktur pengisian BBG tersedia.

"Waktu itu saya di Perhubungan (Menteri Perhubungan), diajak diskusi bagaimana bisa jalan. Gaikindo bilang, kalau ada pompa gasnya akan kita dorong," ungkap Jonan.

Sebelumnya, Jonan menyatakan, tolak ukur dari suksesnya pemanfaatan bahan bakar gas adalah apabila digunakan untuk kendaraan pribadi atau mobil pribadi.

Ia pun mengatakan, Kementerian ESDM bakal secepatnya menyiapkan aturan yang akan mewajibkan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) setidaknya memiliki satu dispenser Bahan Bakar Gas (BBG).

"Kewenangannya (aturan) di saya, itu nanti sekitar seminggu dua minggu ya Pak (sudah ada aturannya)," jelas Jonan. (wdl/wdl)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed