Follow detikFinance
Kamis 16 Mar 2017, 17:12 WIB

Ditanya Karyawan Soal Afiliasi Politik, Elia Manik: Saya Profesional

Danang Sugianto - detikFinance
Ditanya Karyawan Soal Afiliasi Politik, Elia Manik: Saya Profesional Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Pertamina (Persero) telah memutuskan mengangkat Elia Massa Manik menjadi Direktur Utama. Mantan Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara III (Persero) itu akan menjabat selama masa periode 5 tahun.

Belum sehari dia menjabat, Elia mengaku sudah mendapatkan pertanyaan dari karyawan Pertamina. Uniknya karyawan tersebut menanyakan apakah dirinya memiliki latar belakang di dunia politik atau tidak.

"Saya senang tadi karyawan tanya ke saya, bapak ada afiliasi dengan partai politik tidak. Terus saya jawab iya partai golf," kelakarnya di Gedung Pusat Pertamina, Jakarta, Kamis (16/3/2017).

Dengan menjawab candaan tersebut, Elia mengatakan dirinya tidak sama sekali memiliki hubungan dengan partai politik manapun. Pengalamannya murni hanya di dunia usaha.

Sebagai gambaran Elia pernah memimpin beberapa perusahaan pelat merah dan anak usaha, seperti PT Kertas Basuki Rachmat Indonesia dan PT Elnusa Tbk (ELSA).

Elia memulai karier di PT Indofood Sukses Makmur (INDF), lalu bergabung dengan Suez Group sampai sekitar tahun 2001. Setelah itu, Elia bergabung dengan PT Kiani Kertas kemudian PT Jababeka.

Sebelum bergabung dengan PTPN, Elia menjabat sebagai Presiden Direktur Elnusa sejak Juli 2011 hingga 2014.

"Jadi saya tidak ada afiliasi dengan partai. Saya dari dulu profesional. Itulah komitmen saya," tandasnya. (hns/hns)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed