Follow detikFinance
Jumat 17 Mar 2017, 13:33 WIB

Mengintip Gardu Listrik PLN di Perbatasan RI-Malaysia

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Mengintip Gardu Listrik PLN di Perbatasan RI-Malaysia Foto: Fadhly Fauzi Rachman/detikFinance
Bengkayang - PT PLN (Persero) memiliki Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) di perbatasan Indonesia-Malaysia, tepatnya di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat.

Berjarak sekitar 60 kilometer (km) dari Kota Singkawang, detikFinance berkesempatan mengunjungi gardu induk tersebut. Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 2 hingga 3 jam dari Singkawang, rombongan akhirnya tiba di lokasi GITET Bengkayang.

Tak mudah ternyata untuk sampai di sana, jalanan terjal perlu dilalui detikFinance beserta rombongan.

PLN-GITET BengkayangPLN-GITET Bengkayang Foto: Fadhly Fauzi Rachman/detikFinance

Dengan menggunakan bus, rombongan perlu melewati kawasan perbukitan, dengan jalanan berkelok yang cukup tajam untuk bisa sampai ke GITET Bengkayang.

Lokasi GITET berada di tengah bukit dikelilingi pepohonan yang rindang. Lokasinya cukup jauh dari lingkungan penduduk sekitar.

Begitu tiba di lokasi, jaringan listrik berjejer di sana. GITET Bengkayang berfungsi untuk menerima listrik dengan tegangan 275 kilovolt (kV) dari Malaysia, kemudian diturunkan menjadi 150kV. Dari situ, listrik kemudian dialirkan ke jaringan transmisi yang ada di Kalimantan Barat.

PLN-GITET BengkayangPLN-GITET Bengkayang Foto: Fadhly Fauzi Rachman/detikFinance

Kapasitas yang dimiliki di gardu induk itu mencapai 150 killovolt (kV). Intinya, pengaliran listrik dari Gardu itu sendiri untuk menopang aliran listrik yang ada di Kalimantan Barat, apabila listrik tiba-tiba mati.

"Ini untuk mengalirkan energi listrik ke sistem khatulistiwa, atau aliran seluruh Kalimantan Barat. Menambah yang selama ini ada, untuk keandalan kelistrikan. Jadi kalau daerah itu mati sewaktu-waktu, GITET Bengkayang bisa mengalirkan sewaktu-waktu," ungkap Koordinator GITET Bangkayang, Asep Suhendi, di lokasi, Jumat (17/3/2017).

aliran listrik GITET Bengkayang dipasok ke Gardu Induk (GI) Sambas, GI Singkawang, GI Senggiring, GI Parit Baru, GI Kota Baru, GI Sei Raya, GI Sianyan, dan GI bengkayang itu sendiri.

PLN-GITET BengkayangPLN-GITET Bengkayang Foto: Fadhly Fauzi Rachman/detikFinance

Nantinya ditargetkan, supaya seluruh wilayah Kalimantan Barat bisa mendapatkan tambahan pasokan aliran listrik dari GITET Bengkayang itu pada tahun 2020 atau bahkan lebih cepat.

"Jadi kita harapkan secepatnya sudah bisa menyuplai atau mengaliri daya ke seluruh Kalimantan Barat," ungkap Kepala Satuan Komunikasi Korporat PLN, I Made Suprateka. (hns/hns)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed