Follow detikFinance
Sabtu 18 Mar 2017, 13:40 WIB

Resmikan 8 Pembangkit Listrik, Jokowi: Alhamdulillah Selesai

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Resmikan 8 Pembangkit Listrik, Jokowi: Alhamdulillah Selesai Foto: Fadhly Fauzi Rachman/detikFinance
Mempawah - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan 8 Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Mobile Power Plant (MPP) yang tersebar di 8 lokasi dengan total kapasitas 500 Megawatt (MW). Selain itu, Jokowi juga meresmikan 9 infrastruktur kelistrikan di Kalimantan Barat, yang dibangun oleh PT PLN (Persero).

Peresmian dilakukan dilakukan di MPP PLTG Mempawah, yang terletak di Desa Jungkat, Kecamatan Siantan, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat (Kalbar), Sabtu (18/3/2017).



Jokowi tiba pada pukul 12.15 WIB dengan mengenakan kemeja khas putihnya. Ia datang ditemani sang isteri, Iriana Joko Widodo serta sejumlah menteri Kabinet Kerja.

Presiden Jokowi Resmikan 8 Pembangkit ListrikPresiden Jokowi Resmikan 8 Pembangkit Listrik Foto: Fadhly Fauzi Rachman/detikFinance

Adapun menteri yang hadir, antara lain Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimoeljono, serta Gubernur Provinsi Kalbar, Cornelis, dan beberapa pejabat negara lainnya.

Begitu tiba di lokasi, Jokowi langsung disambut oleh Direktur Utama PLN, Sofyan Basir, dan sejumlah tamu undangan yang telah menunggunya di lokasi.

"Saat saya ke sini meletakkan batu pertama, saya bertanya kapan selesai MPP yang sedang dibangun? Kata Dirut PLN, saat itu beliau bilang '6 bulan pak'. Benar 6 bulan? 'Iya pak'. Janji? 'Janji pak'. Dan ternyata memang selesai," cerita Jokowi saat memberikan sambutan di lokasi, Mempawah, Kalimantan Barat, Sabtu (18/3/2017).

"Dan yang waktu itu dikerjakan bukan hanya di Mempawah saja tapi juga ditempat lain, dan Alhamdulillah semuanya selesai sebanyak 500 MW. Jadi dengan mengucap Bismillah saya resmikan (MPP) 500 Megawatt untuk lokasi di Mempawah, Lombok, Bangka, Lampung, Nias, Riau, Belitung, dan Medan," tutur Jokowi.

Presiden Jokowi Resmikan 8 Pembangkit ListrikPresiden Jokowi Resmikan 8 Pembangkit Listrik Foto: Fadhly Fauzi Rachman/detikFinance


Direktur Utama PLN, Sofyan Basir, mengatakan peresmian pembangkit listrik tenaga gas ini salah satu langkah percepatan program 35.000 MW dalam peningkatan rasio elektrifikasi tanah air sebesar 99,7% pada 2019.

"Kami berharap dengan adanya delapan tambahan MPP tersebar berkapasitas total 500 MW ini bisa menambah keandalan sistem kelistrikan terutama di NTB, Sumatera Utara, Lampung, Bangka Belitung, Pekanbaru, Riau serta Kalimantan Barat. Ketersediaan energi listrik sangat strategis karena berdampak pada perkembangan investasi daerah dan perekonomian masyarakat," ungkap Sofyan.

Presiden Jokowi Resmikan 8 Pembangkit ListrikPresiden Jokowi Resmikan 8 Pembangkit Listrik Foto: Fadhly Fauzi Rachman/detikFinance

Adapun ke 8 MPP PLTG yang diresmikan ialah :

1. MPP Jeranjang- Lombok dengan kapasitas ( 2 x 25 MW) yang telah beroperasi sejak tanggal 27 Juli 2016.
2. MPP Air Anyir- Bangka dengan kapasitas (2x25 MW) beroperasi sejak 13 september 2016
3. MPP Tarahan – Lampung (4x25 MW) beroperasi sejak 29 september 2016
4. MPP Nias (1x25 MW) Mulai beroperasi pada 31 oktober 2016
5. MPP balai Pungut-Riau dengan kapasitas (3x25 MW) mulai beroperasi sejak 13 November 2016
6. MPP Suge- Belitung (1x25 MW) mulai beroperasi pada 22 November 2016
7. MPP Paya Pasir-Medan berkapasitas (3x25 MW) mulai beroperasi sejak 9 desember 2016.
8. MPP Pontianak kapasitas (4x25 MW) mulai beroperasi pada 8 November 2016. (hns/hns)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed