Follow detikFinance
Sabtu 18 Mar 2017, 19:55 WIB

Jokowi ke Jonan: Prioritaskan Gas untuk Pembangkit Listrik

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Jokowi ke Jonan: Prioritaskan Gas untuk Pembangkit Listrik Foto: Dok. Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden
Mempawah - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Menteri ESDM Ignasius Jonan memprioritaskan gas untuk pembangkit listrik, khususnya untuk Mobile Power Plant (MPP) Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG).

"MPP memang pakai gas, tapi sekarang masih pakai diesel, oleh sebab itu saya perintahkan ke Menteri ESDM agar gas untuk pembangkit listrik seperti ini diberikan prioritas," ungkap Jokowi saat meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Mobile Power Plant (MPP) di Mempawah, Kalimantan Barat, Sabtu (18/3/2017).



Jokowi mengatakan, dengan menggunakan gas maka biaya produksi menjadi lebih murah dan efisien, dan juga ramah untuk lingkungan.

"Pemakaian gas baik karena masalah lingkungan dan harganya lebih murah. Jangan sampai nanti diterus-teruskan tidak pakai gas," kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi pun mengatakan bahwa pembangkit yang bersifat mobile atau dapat dipindah-pindah ini, juga harus dimanfaatkan untuk wilayah yang kurang pasokan listrik. Jangan hanya terpaku di satu tempat.

"Perlu saya ingatkan, ini adalah MPP atau Mobile Power Plant yang bisa dipindah-pindah ke tempat lain, kalau memang tempat itu sangat membutuhkan. Kalau di sini memang sudah penuh dan kapasitasnya berlebih, bisa saja mesin ini dIpindah ke pulau atau provinsi yang lain. Artinya setiap saat bisa dipindah ke tempat lain yang membutuhkan," tutur Jokowi. (hns/hns)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed