Kapal 'Genset Raksasa' 60 MW Terangi Ambon Akhir Maret

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Kamis, 23 Mar 2017 17:07 WIB
Foto: Ardan Adhi Chandra/detikFinance
Waai - PT PLN (Persero) melakukan uji coba Kapal Pembangkit Listrik atau Marine Vessel Power Plant (MVPP) berkapasitas 60 megawatt (MW) dari Turki. Kapal 'Genset Raksasa' berkapasitas 60 MW dari Turki ini disewa PLN selama 5 tahun untuk menerangi Pulau Ambon, Maluku.

Kapal 'Genset Raksasa' tiba di Waai, Kabupaten Maluku Tengah sejak Rabu minggu lalu (15/3/2017).

"Akhirnya datang juga kapal pembangkit MVPP, kita sewa dari Turki. Kapal pembangkit yang ketiga setelah Amurang, Kupang kemudian ini adalah Ambon," kata Direktur Bisnis Regional Maluku dan Papua PLN, Haryanto WS di Waai, Kabupaten Maluku Tengah, Kamis (23/3/2017).

Dengan dilakukannya uji coba suplai listrik dari kapal genset raksasa, ditargetkan sudah bisa beroperasi secara komerdial atau Commercial Operation Date (COD) di akhir Maret ini.

Kapal 'Genset Raksasa' Turki 60 MWKapal 'Genset Raksasa' 60 MW Foto: Ardan Adhi Chandra/detikFinance


"Setelah melalui tes-tes ini, 27 atau 29 Maret COD resmi beroperasi dari kapal pembangkit jadi argonya sudah mulai dihitung," tutur Haryanto.

Kapal 'Genset Raksasa' ini memiliki kapasitas 120 mw, namun PLN menyepakati kontrak pembelian listrik sebesar 60 mw. Jangka waktu kontrak selama 5 tahun pun tidak hanya dihabiskan di Ambon saja. Jika daya listrik di Ambon sudah mencukupi, kapal genset raksasa bisa dipindahkan ke daerah lain yang membutuhkan listrik.

"Disewa dalam jangka waktu 5 tahun, tetapi tetap dimungkinkan dipindahlokasikan kalau daya sudah cukup," kata Haryanto. (hns/hns)