Follow detikFinance
Senin 27 Mar 2017, 17:34 WIB

PGN Bangun Pipa Supaya Gas Natuna Bisa Diserap Dalam Negeri

Muhammad Idris - detikFinance
PGN Bangun Pipa Supaya Gas Natuna Bisa Diserap Dalam Negeri Ilustrasi Foto: Dokumentasi PGN
Jakarta - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) terus memperluas jaringan infrastruktur pipa gasnya. Salah satu yang tengah dikerjakan, yakni pipa gas West Natuna Transportation System yang menghubungkan Natuna ke Pulau Pemping, Kepulauan Riau.

Direktur Komersial PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN), Danny Praditya, mengungkapkan proyek sambungan pipa gas yang ditargetkan selesai pada akhir 2017 ini akan mengintegrasikan pasokan gas dari Natuna hingga ke Pulau Jawa.

"Yang dikerjakan selama ini seperti pipa di Natuna. Dari lapangan Natuna, dengan pipa ini gas bisa dibawa ke Selatan dan bisa sampai ke Jawa," kata Danny kepada detikFinance di kantor pusat PGN, Jakarta, pekan lalu.

Selain sambungan pipa gas West Natuna Transportation System, proyek strategis lain yang tengah dikebut emiten berkode PGAS ini yakni jaringan pipa gas Gresik-Lamongan-Tuban sepanjang 141 km.

Ini dilakukan untuk menjangkau semakin banyak industri, UMKM, dan usaha seperti hotel dan restoran di Jawa Timur.

"Kemudian Gresik Lamongan Tuban. Harus terintegrasi dalam hal ini ketersediaan ada, akses infrastruktur ada, affordability ada, jangan lupa yang terakhir sustainability," jelas Danny.

Seperti tahun lalu, PGN memperkuat jaringan pipa gas bumi di Jawa Timur dengan membangun pipa gas di Sidoarjo sepanjang 32 km, Surabaya 23 km, dan Pasuruan 2 km.

Hingga saat ini total panjang pipa gas bumi PGN di Jawa Timur sekitar 1.155 km, dengan rincian, pipa PGN di Surabaya sepanjang 552 km, Sidoarjo 404 km, dan Pasuruan 199 km. (idr/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed