Follow detikFinance
Kamis 13 Apr 2017, 11:10 WIB

Kapal 'Genset Raksasa' Turki Terangi Ambon Sejak Awal April

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Kapal Genset Raksasa Turki Terangi Ambon Sejak Awal April Foto: Ardan Adhi Chandra/detikFinance
Jakarta - Kapal Pembangkit Listrik Karadeniz atau Karadeniz Powership Yasin Bey Marine Vessel Power Plant (MVPP), telah beroperasi di Ambon sejak 1 April 2017. Kapal berdaya 120 MW ini akan memasok listrik ke sistem interkoneksi kelistrikan di kawasan Maluku.

COD (Commercial Operation Date) atau Tanggal Operasional dari kapal pembangkit listrik Yasin Bey dimulai pada 1 April 2017 dan langsung beroperasi secara penuh sejak saat itu.

Seluruh persiapan administrasi dan keamanan sudah diselesaikan untuk mendukung beroperasinya Kapal Pembangkit dari mulai terhubung ke jaringan listrik hingga menghasilkan tenaga listrik.

"Kar Powership bekerja sama dengan PLN untuk memastikan sinkronisasi secara cepat agar proyek ini dapat beroperasi segera sehingga mampu mendistribusikan daya listrik kepada seluruh masyarakat wilayah Ambon," ujar Ufuk Berk, dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Kamis (13/4/2017).


Kapal 'Genset Raksasa' Turki Terangi AmbonKapal 'Genset Raksasa' Turki Terangi Ambon Foto: Ardan Adhi Chandra/detikFinance

Ufuk menambahkan, Yasin Bey adalah Kapal Pembangkit ketiga yang akan beroperasi di Indonesia setelah Zeynep Sultan yang telah beroperasi di Amurang, Sulawesi Utara dan Gökhan Bey di Bolok, Kupang.

"Selain itu, akan terdapat dua kapal pembangkit lainnya yang akan dikirim ke Belawan (Sumatera Utara) dengan ukuran dan kapasitas terbesar yakni 240 MW serta Lombok (Nusa Tenggara Barat) dengan kapasitas tenaga listrik 60 MW," kata Ufuk.

Yasin Bey, sama seperti kapal pembangkit listrik Zeynep Sultan dan Gokhan Bey, mampu memberikan daya listrik yang lebih murah karena mesinnya lebih efisien dan dapat beroperasi dengan HFO (Heavy Fuel Oil), yang jauh lebih murah daripada HSD (High Speed Diesel).


Kapal 'Genset Raksasa' Turki Terangi AmbonKapal 'Genset Raksasa' Turki Terangi Ambon Foto: Pool

Selain itu, kapal ini juga bersifat fleksibel dalam hal bahan bakar karena dapat beroperasi dengan keduanya baik LNG dan HFO. Fleksibilitas ini akan membantu PLN guna mengoptimalkan pembauran energi.

Salah satu hal yang terpenting adalah kapal pembangkit listrik ini tidak perlu pasokan listrik eksternal (black start), sehingga teknologi ini sangat cocok digunakan untuk memasok listrik ke pulau-pulau yang beban listriknya berfluktuasi.

Yasin Bey dioperasikan oleh PT Kar Powership Indonesia, anak perusahaan Karpower Internasional di Turki. PT Kar Powership, berkomitmen untuk terus berinvestasi di Indonesia, dan akan meningkatkan peran serta kemampuan masyarakat lokal. (hns/wdl)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed