Follow detikFinance
Selasa 18 Apr 2017, 07:00 WIB

Subsidi Elpiji 3 Kg Bakal Bengkak Rp 10 Triliun, Kok Bisa?

Michael Agustinus - detikFinance
Subsidi Elpiji 3 Kg Bakal Bengkak Rp 10 Triliun, Kok Bisa? Foto: Hasan Alhabshy
Jakarta - Baru-baru ini, Menteri ESDM, Ignasius Jonan, mengungkapkan subsidi elpiji 3 kg berpotensi bengkak menjadi Rp 30 triliun, sementara dana yang dialokasikan di APBN 2017 hanya Rp 20 triliun. Artinya, bakal ada pembengkakan subsidi sampai Rp 10 triliun. Apa penyebabnya?

Direktur Pembinaan Usaha Hilir Migas Kementerian ESDM, Setyorini Tri Hutami, mengungkapkan jebolnya subsidi elpiji 3 kg sebenarnya bukan karena kenaikan permintaan.

Ada beberapa penyebab pembengkakan subsidi. Pertama, harga LPG CP Aramco mengalami kenaikan sehingga perkiraan dalam APBN meleset. Elpiji di Indonesia menggunakan harga LPG CP Aramco sebagai patokan.

"Asumsi harga, CP Aramco harganya lebih tinggi. Jadi bukan karena volume melebihi asumsi. Tapi lebih ke harga acuan yang naik," kata Rini melalui pesan singkat kepada detikFinance, Selasa (18/4/2017).

Kedua, subsidi kurang tepat sasaran, banyak elpiji 3 kg yang dikonsumsi oleh masyarakat mampu. Pemerintah sebenarnya ingin program subsidi elpiji tepat sasaran pada tahun ini. Tapi penyaluran subsidi elpiji lewat kartu yang rencananya dimulai di 4 pulau pada April 2017 ini ternyata batal.

Penyaluran subsidi elpiji 3 kg lewat kartu sekarang masih tahap persiapan. Kemungkinan baru dimulai setahun lagi. Akibatnya, anggaran yang disiapkan di APBN sudah pasti kurang.

"Dulu diperhitungkan ada kenaikan harga elpiji tahun ini, namun belum terealisasi," ujar Rini.

Untuk menekan supaya anggaran untuk subsidi elpiji tak bengkak terlalu besar, pemerintah berupaya mendorong masyarakat yang sudah mampu membeli elpiji non subsidi saja.

"Kita mendorong agar elpiji 3 kg bisa dipakai yang benar-benar berhak, karena itu barang disubsidi," tutupnya.

Pemerintah akan segera membicarakan APBN Perubahan (APBN-P) 2017 dengan DPR. Dalam APBN-P, akan diajukan tambahan dana untuk subsidi elpiji 3 kg. Besar tambahan dana yang diperlukan masih dihitung bersama antar instansi pemerintah. (mca/wdl)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed