Follow detikFinance
Kamis 27 Apr 2017, 12:14 WIB

DPR Lantik Ketua dan 8 Anggota BPH Migas

Andhika Prasetia - detikFinance
DPR Lantik Ketua dan 8 Anggota BPH Migas Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta - DPR mengesahkan 1 ketua dan 8 anggota komite BPH Migas. Di sidang paripurna, seluruh anggota DPR menyepakati hasil uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) yang dilakukan oleh Komisi VII DPR.

Pengesahan dimulai dari pembacaan laporan fit and proper test yang disampaikan Ketua Komisi VII DPR Irawan Pasaribu. Irawan menyampaikan Komisi VII sudah menjalankan amanat yang disampaikan presiden.

Irawan juga menyampaikan soal rangkaian acara fit and proper test anggota BPH Migas. Terpilih 9 nama dari 20 nama yang telah disepakati.

Kemudian, Irawan menyampaikan kelima nama anggota BPH Migas yang baru. Seusai penyampaian, pimpinan sidang Fadli Zon meminta persetujuan peserta sidang.

"Perkenankan kami pertanyakan, apakah laporan Komisi VII DPR dapat disetujui?" ujar Fadli yang disetujui peserta rapat di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (27/4/2017).

Proses pemilihan Kepala BPH Migas berlangsung sejak Senin (10/4/2017) lalu. Panitia Seleksi (pansel) yang dipimpin Sekjen Kementerian ESDM Teguh Pamudji menyerahkan 22 nama calon kepada DPR.

DPR menguji 20 orang calon yang tersisa dari Senin (10/4/2017) sampai Kamis (13/4/2017). Fit and proper test selesai pada Kamis sore pukul16.45 WIB. Setelah itu 20 nama tersebut dikerucutkan menjadi 9 calon lewat voting.

Sembilan nama calon yang lolos itu adalah Henri Ahmad, Sumihar Panjaitan, Fanshurullah Asa, Marwansyah Lobo Balia, H Ahmad Rizal, Hari Prayoto, Jugi Prajogio, Muhammad Ibnu Fajar, Saryono Hadiwidjoyo.

Fanshurullah Asa sendiri akhirnya terpilih menjadi Kepala Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) periode 2017-2022 melalui musyawarah di Komisi VII DPR RI pada Kamis (13/4/2017) malam. (dkp/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed