Follow detikFinance
Kamis 04 May 2017, 18:09 WIB

Apa Isi Pertemuan Jonan dan Bos Besar Freeport? Ini Kata Luhut

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Apa Isi Pertemuan Jonan dan Bos Besar Freeport? Ini Kata Luhut Foto: Ardan Adhi Chandra/detikFinance
Jakarta - CEO Freeport McMoRan, Richard C Adkerson, hari ini melakukan pertemuan dengan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, mengaku telah menerima laporan terkait hasil dari pertemuan tersebut. Luhut mengatakan, Freeport telah bersedia mematuhi aturan pemerintah Indonesia.

"Tapi tadi Pak Jonan lapor saya, masalah 51% sudah, smelter sudah, setiap 6 bulan dievaluasi," kata Luhut di Gedung Sasana Kriya TMII, Jakarta Timur, Kamis (4/5/2017).

Walau demikian, Luhut mengaku belum mengetahui pasti maksud dari kedatangan Bos Besar Freeport itu ke Indonesia. Sebab menurut Luhut, dirinya mengatakan bahwa persoalan Freeport dengan pemerintah Indonesia telah selesai.

"Semua sudah beres. Mungkin dia (Richard Adkerson) mau tanda tangan, tapi saya tidak tahu. Tanda tangan bahwa semua sudah setuju, mungkin yah saya enggak tahu," terangnya.

Kendati Freeport sudah menyetujui persyaratan Indonesia, Luhut menegaskan, progres pembangunan smelter tetap harus sesuai target. Jika tidak maka izin ekspor akan kembali dicabut.

"Progres jalan ya tetap diberikan izin ekspor. Kalau progres tidak sesuai target ya diberhentikan. Kalau dia enggak bangun smelter sesuai target ya berhentikan (izinnya)," tukasnya. (wdl/wdl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed