Follow detikFinance
Selasa 09 May 2017, 20:37 WIB

Kampung Terpencil di Papua Ini Nikmati Harga BBM Seperti di Jawa

Wilpret Siagian - detikFinance
Kampung Terpencil di Papua Ini Nikmati Harga BBM Seperti di Jawa Foto: Dok. Pertamina
Jayapura - Pertamina Marketing Operation Region 8 Maluku Papua meresmikan Lembaga Penyalur BBM satu harga di Kampung Obano, Paniai, Papua, bersamaan dengan kunjungan Presiden Joko Widodo di Papua, Selasa (9/5/2017).

"Pertamina dan pemerintah daerah, baru saat ini bisa menyediakan Lembaga Penyalur BBM satu harga di Kabupaten Paniai ini," ujar Zibali Hisbula, Retail Fuel Marketing Manager, Selasa (9/5/2027).

Menurut Zibali, Sesuai dengan Roadmap Program Nusantara Satu Harga BBM, Pertamina dan Pemerintah Pusat melalui instruksi Presiden Jokowi tahun 2016 yang berkomitmen untuk terus menambah Lembaga Penyalur di wilayah Maluku, Maluku utara, Papua dan Papua Barat.

Pertamina pasok BBM satu harga di desa terpencil PapuaPertamina pasok BBM satu harga di desa terpencil Papua Foto: Dok. Pertamina

" Alhamdulillah Puji Tuhan pada hari ini di Kampung Obano, Distrik Paniai Barat Kabupaten Paniai akhirnya bisa menikmati BBM dengan harga yang sama seperti di Pulau Jawa," katanya.

" Peresmian lembaga penyaluran BBM satu harga ini tidak lepas dari dukungan Pemda, Kepolisian dan TNI serta stakeholders terkait," tambah Zibali .

Pertamina memberikan SPBU Kompak sebagai agen resmi penyalur BBM satu harga di kabupaten Paniai, karena sebelumnya warga membeli BBM di wilayah Obano Distrik Paniai Barat pada kisaran Rp 15.000 -Rp 25.000/liter.

"Kami yang hidup di Distrik Paniai barat ini sebagai wilayah yang terpencil dan tertua ini selama ini membeli bensin dan solar dengan harga mahal. Sekarang puji syukur kami sudah mendapat harga murah sama dengan di kota," kata Asisten I Setda Kabupaten Paniai, Yohosua Ria saat memberikan sambutan pada Peresmian SPBU Kompak di Paniai, Selasa siang, (9/5/2017).

Upaya Pertamina merealisasikan BBM Satu Harga di beberapa wilayah sejalan dengan Peraturan Menteri ESDM No.36 Tahun 2016, tanggal 10 Nov 2016 dan melalui SK Direktur Jenderal Nomor 09.K/10/DJM.O/2017 yang mengatur 148 Kabupaten sebagai lokasi pendistribusian BBM satu harga secara bertahap dari tahun 2017-2020.

"Terima kasih yang tak terhingga kami sampaikan kepada Bapak Presiden RI Joko Widodo atas kebijakan BBM satu harga di Papua ini, sehingga kami bisa mendapat harga BBM yang sama dengan di kota dan di Jawa," ujarnya.

BBM satu harga di PapuaBBM satu harga di Papua Foto: Dok. Pertamina

Pertamina terus melakukan progres pemetaan di 148 kabupaten yang telah ditetapkan sebagai lokasi sasaran Nusantara BBM Satu Harga.

"Hasil pemetaan untuk wilayah Papua, untuk tahun ini akan ada 9 Kabupaten lainnya yang akan segera dihadirkan lembaga penyalur diantaranya Waropen, Supiori, Jayawijaya, Boven Digoel, Keerom, Puncak Jaya, Tolikara, Lanny Jaya, Yalimo," jelas Zibali.

Zibali menambahkan, proses pemetaan hingga terealisasinya BBM Satu Harga di suatu wilayah, memerlukan waktu karena setelah lokasi ditetapkan, Pertamina juga harus melakukan survey transportasi BBM, proaktif menggandeng investor lokal, pembangunan infrastruktur hingga akhirnya SPBU wilayah yang menjadi sasaran BBM Satu Harga beroperasi.

Kampung Obano, Distrik Papua Barat, Kabupaten Papua merupakan SPBU ke-3 yang telah diresmikan dari 25 rencana 1 harga di wilayah MOR 8 Maluku Papua Pada tahun 2017. (hns/hns)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed