Follow detikFinance
Rabu 17 May 2017, 09:26 WIB

Dukung Wisata Bahari di Pulau Bawean, PLN Siapkan Pasokan Listrik

Rois Jajeli - detikFinance
Dukung Wisata Bahari di Pulau Bawean, PLN Siapkan Pasokan Listrik Foto: Rois Jajeli
Bawean - Pulau Bawean memiliki potensi wisata alam bahari, terutama di kawasan Pulau Gili, Bawean, Kabupaten Gresik. PLN pun akan menyiapkan pasokan listrik untuk mendukung investor yang ingin mengembangkan wisata bahari di pulau tersebut.

"Potensi wisata bahari di Pulau Gili cukup bagus dan tidak kalah di daerah lain. Hasil tangkapan nelayannya juga luar biasa," kata Asisten Manajer Jaringan PLN Area Gresik Bustani Hadi Wijaya, Selasa (16/5/2017).

Ia mengakui, pasokan listrik dari PLN belum menjangkau Pulau Gili yang terletak 2,3 kilometer dari timur Pulau Bawean. Namun, penduduk di sekitar pulau tersebut tetap mendapatkan listrik dari mesin tenaga diesel.

"Kalau untuk investor yang ingin mengembangkan wisata di Gili, sekarang masih belum siap," tuturnya.

Kata Bustani, PLN pusat masih membahas rencana suplai listrik ke Pulau Gili. Apakah menggunakan full CNG (compressed natural gas), atau memindahkan mesin diesel (PLTD) ke Pulau Gili. PLN berencana akan mengganti PLTD di Pulau Bawean dengan pembangkit listrik tenaga mesin gas (PLTMG).

Dukung Wisata Bahari di Pulau Bawean, PLN Siapkan Pasokan ListrikFoto: Rois Jajeli

"Kalau menggunakan kabel laut, sepertinya tidak mungkin, karena cost-nya besar dengan jarak 2,3 Km. Diperkirakan tahun 2019 atau 2020 akan diusahakan (suplai listrik) dari PLN," ujarnya.

Saat ini, listrik di Pulau Bawean disuplai dari tiga unit PLTD milik PLN. Delapan unit dari PLTD sewa dari CV Gading dan PT Purnama. Serta satu unit PLTMG milik PT PJB unit pembangkitan Gresik. Kapasitas produksi listrik dari pembangkit listrik tersebut yakni, 8 MW. Sedangkan beban puncak sebesar 4,8 MW.

(roi/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed