Follow detikFinance
Rabu 17 May 2017, 15:13 WIB

3 Kali Pertemuan Pengusaha Migas RI Tak Dihadiri Jokowi

Michael Agustinus - detikFinance
3 Kali Pertemuan Pengusaha Migas RI Tak Dihadiri Jokowi Foto: Biro Pers Setpres
Jakarta - Indonesian Petroleum Association Convention and Exhibition (IPA Convex) adalah acara tahunan yang diselenggarakan oleh perusahaan-perusahaan hulu migas di Indonesia. Acara ini selalu dihadiri oleh perusahaan-perusahaan migas raksasa seperti Chevron, ExxonMobil, Total E&P, juga Pertamina.

Di era pemerintahan sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) selalu hadi dan membuka Konvensi IPA. Tapi di era pemerintahan sekarang, sudah tiga tahun terakhir acara ini tak pernah dibuka presiden.

Sudah 3 kali Presiden Joko Widodo (Jokowi) diundang, 3 kali pula Jokowi absen. Teranyar, pagi ini Jokowi diwakili oleh Menteri ESDM Ignasius Jonan. Alasannya, Jokowi harus menerima tamu negara di Istana.

"Mohon maaf, Bapak Presiden tidak bisa hadir karena ada tamu negara dari Lithuania," kata Jonan saat membuka Konvensi IPA di JCC Senayan, Jakarta, Rabu (17/5/2017).

Sebelumnya pada 2015 dan 2016, Konvensi IPA juga tak dibuka Jokowi. Tahun lalu misalnya, Menko Perekonomian Darmin Nasution yang datang mewakili Jokowi.

Entah ada kaitannya atau tidak, sekarang sektor migas memang bukan lagi penyumbang terbesar penerimaan negara. Dibanding era SBY ketika harga minyak sedang membumbung tinggi sampai kisaran US$ 100/barel, penerimaan negara dari migas pernah menembus Rp 300 triliun.

Sekarang harga minyak sudah turun lebih dari 50%, sumbangan sektor migas ke penerimaan negara kurang lebih tinggal Rp 100 triliun saja. Sejak harga minyak anjlok itulah Konvensi IPA tak pernah lagi dihadiri Presiden RI. (mca/ang)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed