Follow detikFinance
Rabu 17 May 2017, 18:37 WIB

Mengintip PLTA Terbesar di Jawa Timur

Rois Jajeli - detikFinance
Mengintip PLTA Terbesar di Jawa Timur Foto: Rois Jajeli-detikFinance
Malang - Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Sutami di waduk Karangkates, Kabupaten Malang merupakan yang terbesar di Jawa Timur. Sutami yang dibangun sejak Tahun 1973 dan 1976 ini, sangat bermanfaat bagi warga, khususnya di bagian selatan Jawa Timur. Juga membantu bagi pembangkit listrik lainnya di Jatim.

"Di Sutami ini ada 3 unit dengan kapasitas masing-masing unit sebesar 35 MW (megawatt)," kata General Manager Unit Pembangkitan Brantas-Pembangkitan Jawa Bali (PJB) Moh Heryono di PLTA Sutami, Rabu (17/5/2017).
PLTA SutamiPLTA Sutami Foto: Rois Jajeli-detikFinance

Sutami memiliki tiga unit. Turbin I dan II dioperasionalkan sejak Tahun 1973. Tiga tahun kemudian, unit III beroperasi mulai dari 1976. Setiap turbin atau unit menghasilkan 35 MW.

"Kehadiran Sutami ini memperbaiki jaringan di sisi selatan (Jatim)," ujarnya.
PLTA SutamiPLTA Sutami Foto: Rois Jajeli-detikFinance

Selain mengaliri listrik ke warga di Jatim bagian selatan, Sutami juga memiliki keunggulan lainnya, yakni menginterkoneksi pembangkit listrik lainnya seperti di Grati, Paiton, Gresik, Ngimbang, Krian dan Kediri.

"Apabila (pembangkit) di Jawa Timur padam semua. Semuanya (yang membantu menyalakan) dari Sutami," tambah Manager Engineering UP Brantas Muhaimin.
PLTA SutamiPLTA Sutami Foto: Rois Jajeli-detikFinance

Ia menambahkan, Sutami berada di waduk Karangkates. Untuk mendukung pembangkit listrik tenaga air, Sutami bekerjasama dengan Perum Jasa Tirta I.

"Kita punya kontrak dengan Perum Jasa Tirta. Untuk pengelolaan pembangkitan listrik oleh kami. Sedangkan mengenai kebersihan dari Jasa Tirta," tandasnya.
PLTA SutamiPLTA Sutami Foto: Rois Jajeli-detikFinance
(roi/dna)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed