Follow detikFinance
Kamis 18 May 2017, 18:03 WIB

RI Jajaki Pembelian LPG dan Minyak Mentah dari Uni Emirat Arab

Muhammad Idris - detikFinance
RI Jajaki Pembelian LPG dan Minyak Mentah dari Uni Emirat Arab Foto: Muhammad Idris/detikFinance
Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, hari ini bertatap muka dengan Menteri Energi Uni Emirat Arab (UEA), Suhail Mohammed Faraj Al Mazrouei, di kantor ESDM, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

Menurut Jonan, salah satu yang jadi fokus pembicaraannya dengan Suhail terkait pengadaan minyak mentah dan elpiji oleh Pertamina ke perusahaan minyak milik UEA atau National Oil Company (NOC) seperti ADNOC (Abu Dhabi National Oil Company).

"Pada hari ini kita bicarakan beberapa hal seperti investasi dari UEA, termasuk di bidang migas, juga transaksi yang ingin diterapkan Presiden untuk melakukan pembelian langsung LPG (liquefied petroleum gas) dan minyak mentah dari National Oil Company UEA langsung ke Pertamina, tidak lagi lewat pihak ketiga," kata Jonan, Kamis (18/5/2017).

Dengan membeli minyak mentah atau LPG langsung dari produsen, diharapkan bisa membuat harganya lebih murah ketimbang pengadaan lewat trader atau pihak ketiga.

Di kesempatan yang sama, Menteri Energi Uni Emirat Arab (UEA), Suhail Mohammed Faraj Al Mazrouei, mengatakan terkait impor langsung elpiji dan minyak mentah oleh Pertamina ke ADNOC akan dibicarakan lebih lanjut di tingkat kedua perusahaan.

"NOC Pertamina akan bertemu dengan ADNOC dan mendiskusikan langsung terkait importasi. Untuk prosedurnya, akan dibicarakan lebih lanjut," jelas Suhail. (idr/hns)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed