AKR Sudah Usulkan 10 Lokasi untuk Program BBM Satu Harga

Danang Sugianto - detikFinance
Rabu, 07 Jun 2017 20:11 WIB
Foto: Reuters
Jakarta - PT AKR Corporindo Tbk telah mengajukan usulan 10 lokasi untuk program BBM Satu Harga. Kementerian ESDM mengaku telah menerima usulan tersebut dan sedang mengevaluasinya. Kesepuluh lokasi tersebut adalah pulau-pulau terpencil di sekitar Pulau Jawa dan Sulawesi.

Program BBM Satu Harga dijalankan dengan mendistribusikan BBM subsidi hingga ke masyarakat di daerah-daerah terpencil dan menjualnya dengan harga yang ditetapkan pemerintah.


Tujuannya supaya masyarakat di pelosok tak perlu membeli BBM dengan harga mahal. Prinsipnya, masyarakat di Indonesia di mana pun berada harus bisa memperoleh BBM dengan harga yang setara dan terjangkau, harus berkeadilan.

"Mereka usulkan 10 lokasi di sekitar Pulau Sulawesi dan Pulau Jawa, sedang kita evaluasi," kata Dirjen Migas Kementerian ESDM, IGN Wiratmaja Puja, saat ditemui di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (7/6/2017).

Wirat menambahkan, dirinya telah bertemu langsung dengan manajemen AKR. Pihaknya menekankan bahwa program BBM Satu Harga wajib dijalankan oleh semua pemegang izin penyaluran BBM subsidi, bukan hanya Pertamina saja.

"Kemarin pimpinannya AKR sudah dipanggil, mereka harus ikut, tidak boleh hanya memiliki SPBU di tempat-tempat yang gemuk saja. Jadi dia harus juga nyebar ke tempat yang kurang gemuk. Supaya BBM Satu Harga ini siapa pun yang dapat mendistribusikan dia juga harus ikut," tegasnya.

Ia berharap AKR bisa ikut berpartisipasi dalam program BBM Satu Harga mulai tahun ini. "Harusnya tahun ini sudah bisa bergerak," tutupnya. (mca/mca)
Debat Capres AS