Follow detikFinance
Senin 19 Jun 2017, 19:23 WIB

Ingin Berhemat, PLN Beli Tambang Batu Bara Tahun Ini

Danang Sugianto - detikFinance
Ingin Berhemat, PLN Beli Tambang Batu Bara Tahun Ini Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) tengah membidik tambang batu bara untuk diakuisisi. Hal itu demi memenuhi kebutuhan batu bara untuk pembangkit listrik tenaga uap (PLTU).

Direktur Utama PLN Sofyan Basir mengatakan, alasan pihaknya bernafsu memiliki tambang batu bara yaitu demi mengamankan pasokan batu bara untuk PLTU di masa depan. Apalagi harga batu bara cenderung fluktuatif sehingga menjadi beban biaya bagi PLN.

"Kita punya energi primer nampaknya kita tidak boleh tidak memiliki. Dalam arti kata jika terjadi krisis atau kelangkaan nanti kita siap. Sedangkan batu bara tanggung jawab bersama, kalau kita memiliki sendiri kita bisa mengamankan harga," tuturnya di sela-sela acara Bukber PLN Bersama Anak Yatim dan Dhuafa di JCC, Senayan, Jakarta, Senin (19/6/2017).

Menurut Sofyan, PLN nantinya masih menyerap pasokan batu bara dari pihak swasta. Namun jika PLN juga memiliki sumber batu bara maka biaya yang dikeluarkan akan lebih ringan.

"Kalau pengusaha kan ada laba, mungkin mekanismenya harga dunia. Kalau PLN punya sendiri kan tidak, harga pokok saja. Nah kalau ini harga pokok dengan harga pengusaha kita gabung tentu harganya lebih murah, dibandingkan murni hanya ambil dari pengusaha," imbuhnya.

Sofyan mengatakan, saat ini konsumsi batu bara PLN mencapai 60% dari total pembangkit listrik yang ada.

Sayangnya Sofyan belum bisa merinci rencana akuisisi tambang batu bara tersebut. Sebab saat ini pihaknya masih melakukan penjajakan dengan menggandeng konsultan baik dari dalam maupun luar negeri.

Setelah proses konsultasi itu rampung, Sofyan mengaku baru bisa memperkirakan dana yang harus disiapkan. Namun dia memastikan rencana akuisisi tambang batu bara akan terealisasi tahun ini.

"Rencana dimulai dari sekarang, mulai dari tahun ini juga. Ya kita lihat nanti besarannya," tukasnya. (mkj/mkj)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed