Follow detikFinance
Senin 10 Jul 2017, 18:43 WIB

Pertamina Jamin Semua Daerah Kebagian Premium

Michael Agustinus - detikFinance
Pertamina Jamin Semua Daerah Kebagian Premium Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Di luar wilayah Jawa-Madura-Bali (Jamali), premium berstatus sebagai bahan bakar penugasan, artinya Pertamina wajib menyediakannya. Beda dengan pertamax yang statusnya bahan bakar umum, Pertamina tak wajib menyalurkannya.

Namun menurut data Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas), ada 294 SPBU dari 2.194 SPBU Pertamina di luar Jamali yang tidak menjual premium.

Direktur Pemasaran Pertamina, M Iskandar, mengakui bahwa memang tak semua SPBU Pertamina di luar Jamali menyediakan premium. Ada SPBU-SPBU tertentu yang hanya menjual pertamax series karena sejak awal didesain demikian.

Tetapi bukan berarti ada daerah yang minus premium. Premium tetap tersedia di semua wilayah penugasan Pertamina. Misalkan ada 1 SPBU yang tak menjual premium, masyarakat bisa mendapatkannya di SPBU lain yang lokasinya berdekatan. Jadi semua daerah kebagian premium.

"Memang dari awalnya tidak didesain untuk menjual premium. Tapi SPBU di sekitarnya ada. Misalnya di satu lokasi ada 3 SPBU, yang 1 enggak ada tapi 2 SPBU lagi ada premium," kata Iskandar saat ditemui di Gedung DPR, Jakarta, Senin (10/7/2017).

Ia menjamin ketersediaan premium di semua wilayah penugasan Pertamina, sekalipun tak semua SPBU menjual premium.

"Kalau dilihat per daerah, ada semua. Yang jelas kita enggak akan sampai mengosongkan premium," ucapnya.

SPBU yang tidak menjual premium, sambungnya, sudah dibangun sebelum keluarnya Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014 (Perpres 191/2014). Sejak awal memang hanya menjual pertamax series karena berada di pusat kota yang masyarakatnya punya daya beli tinggi.

Tapi untuk daerah yang masyarakatnya berdaya beli rendah, Pertamina pasti menyediakan premium.

"Itu sebetulnya alamiah, dari 2013 kan sudah ada SPBU yang tidak menjual premium. Itu dulu namanya 'SPBU wakaf', ada SPBU di pusat-pusat kota yang sukarela enggak jual premium," tutupnya.

(mca/mkj)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed