Follow detikFinance
Senin 10 Jul 2017, 21:18 WIB

Jonan Minta Anggaran ESDM Dipotong Rp 460 Miliar

Michael Agustinus - detikFinance
Jonan Minta Anggaran ESDM Dipotong Rp 460 Miliar Foto: Michael Agustinus
Jakarta - Dalam rapat kerja dengan Komisi VII DPR RI hari ini, Menteri ESDM, Ignasius Jonan, meminta pengurangan anggaran Kementerian ESDM dari Rp 7,027 triliun dalam APBN 2017 menjadi Rp 6,56 triliun. Jadi ada penghematan Rp 460 miliar.

Anggaran dikurangi karena penerimaan negara diperkirakan tidak mencapai target dalam APBN 2017.

"Pagu awal yang sudah disetujui adalah Rp 7,03 triliun. Berdasarkan draft nota keuangan, pagu Kementerian ESDM dikurangi ke angka Rp 6,56 triliun karena dikhawatirkan penerimaan negara enggak tercapai," kata Jonan, dalam rapat kerja di Gedung DPR, Jakarta, Senin (10/7/2017).

Ia menambahkan, meski anggaran Kementerian ESDM dikurangi tapi semua program kerja tetap dijalankan, tidak ada yang dihilangkan. Sebab, pemotongan anggaran tidak menyentuh program-program kerja.

Sumber penghematan anggaran adalah pemangkasan perjalanan dinas, biaya rapat, biaya konsultan, dan pengeluaran-pengeluaran lain yang tidak penting.

"Enggak ada program yang disepakati yang dikurangi. Sumber penghematan adalah belanja barang seperti perjalanan dinas dan meeting, belanja jasa enggak pakai konsultan, enggak perlu. Belanja barang operasional dan non operasional dikurangi," tukasnya.

Selain itu, harga perkiraan sendiri (HPS) untuk pengadaan barang dan jasa juga diturunkan sehingga biaya bisa turun tanpa mengurangi kuantitas barang dan jasa. "Ada selisih HPS, kita menghemat tidak mengurangi kuantitas," ucap Jonan.

Lalu ada infrastruktur-infrastruktur yang tadinya menggunakan skema APBN multiyears, diubah menjadi non APBN. Misalnya untuk proyek tangki timbun BBM.

Pemangkasan anggaran ini akan dibahas dalam rapat kerja Komisi VII DPR dengan Kementerian ESDM selanjutnya. (mca/wdl)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed