Follow detikFinance
Rabu 12 Jul 2017, 13:00 WIB

Arcandra Minta Peneliti ESDM Belajar Cara Facebook Bikin Riset

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Arcandra Minta Peneliti ESDM Belajar Cara Facebook Bikin Riset Foto: Fadhly Fauzi Rachman/detikFinance
Jakarta - Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arcandra Tahar, meminta para peneliti Balitbang ESDM mencontoh Facebook dalam penelitian. Menurut Arcandra, riset Facebook berdasarkan pada kebutuhan pengguna.

"Contohnya kenapa Facebook jadi maju? mereka sangat tahu kebutuhan sosial media yang pada abad ini," ujar Arcandra dalam acara Temu Ilmiah dan Pamerah Hasil Litbang ESDM di kantor PPPTMBG Lemigas, Jakarta, Rabu (12/7/2017).

"Kebutuhan itu mereka cukupi sehingga orang tidak perlu lagi dipromosikan harus ikut Facebook. Karena sudah menjadi sebuah kebutuhan, orang akan sendirinya mau untuk ikut. Begitu juga dengan WhatsApp," lanjut Arcandra.

Selain itu, hasil penelitian harus bisa memenuhi atau menyediakan kebutuhan, baik untuk masyarakat, industri, dan para pengguna hasil penelitian tersebut.

"Dalam melakukan teknologi development yang berbasis kepada kebutuhan industri, bukan berbasis kepada kebutuhan si peneliti, enggak. Insya Allah saya yakin industri akan membutuhkan itu kalau sudah jadi," jelas Arcandra.

Dia menambahkan, agar para peneliti dapat menciptakan hal-hal baru yang berbeda dari biasanya. Arcandra berpesan agar peneliti dapat memenuhi kebutuhan ilmu pengetahuan bagi dalam negeri.

"Mulailah dari hal-hal pengembangan teknologi itu yang unik untuk Indonesia, sebelum kita bisa bersaing memenuhi kebutuhan dunia sana. Jadi dunia kita dulu. Nah silahkan dicari apa teknologinya. Jadi tidak hanya sampai di paper saja penelitiannya," tutur Arcandra. (hns/hns)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed