energi
energi
energi
energi
energi
energi
energi
energi
energi
energi
energi
energi
energi
Menhub Janji Permudah Sertifikasi Mobil Listrik
Follow detikFinance
Senin 17 Jul 2017, 12:56 WIB

Menhub Janji Permudah Sertifikasi Mobil Listrik

Michael Agustinus - detikFinance
Menhub Janji Permudah Sertifikasi Mobil Listrik Foto: Ari Saputra
Jakarta - Ide pengembangan mobil listrik di dalam negeri kembali berhembus kencang. Menteri ESDM, Ignasius Jonan, telah mengirimkan surat ke Presiden Joko Widodo (Jokowi), menyampaikan perlunya percepatan pengembangan mobil listrik.

Selain Jonan, Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, dan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) pun sudah menyatakan hal senada. Perubahan besar segera terjadi, mobil berbahan bakar minyak akan tergantikan oleh mobil listrik, Indonesia harus mengantisipasinya.

Dukungan juga datang dari Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. Budi berjanji mempermudah proses sertifikasi uji kelaikan untuk mobil listrik. Kemenhub tidak akan menghambat dan membuat ketentuan-ketentuan yang tidak perlu.

"Pada dasarnya kita sedang mereformasi cara kita memberi sertifikat. Yang akan datang, kita akan lebih lugas dengan menyesuaikan kebutuhan masyarakat. Berkaitan dengan mobil listrik, kita harus lakukan sertifikasi yang lebih lugas, lebih governance," kata Budi saat ditemui usai Kongres Teknologi Nasional di Gedung BPPT, Jakarta, Senin (17/7/2017).

Meski demikian, Budi meminta produsen mobil listrik tak asal-asalan, semuanya harus dipersiapkan dengan baik agar produk layak digunakan, aman dan nyaman untuk masyarakat.

"Kita juga minta para produsen sudah melengkapi hal-hal yang dibutuhkan. Kita tidak saja mensertifikasi suatu produk tapi akhirnya produk itu tidak bisa digunakan," ucapnya.

Pihaknya menyambut baik pengembangan mobil listrik di dalam negeri. Inovasi di sektor transportasi harus terus dilakukan demi kebutuhan masyarakat.

"Transportasi adalah layanan primer bagi masyarakat. Maka kita harus terus berinovasi mengembangkan transportasi di Indonesia. Dengan adanya Kongres Teknologi Nasional ini, ada pemikiran-pemikiran yang membuat cara kita membangun transportasi lebih konseptual dan update dengan teknologi yang ada," tutupnya. (mca/wdl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed