Follow detikFinance
Selasa 01 Aug 2017, 18:51 WIB

Jonan Tawarkan Investasi Kilang Hingga SPBU ke Exxon

Michael Agustinus - detikFinance
Jonan Tawarkan Investasi Kilang Hingga SPBU ke Exxon Foto: Ardan Adhi Chandra/detikFinance
Jakarta - Dalam rangka mendorong peningkatan investasi perusahaan-perusahaan migas Amerika Serikat, Menteri ESDM, Ignasius Jonan, melakukan lawatan ke Houston, Amerika Serikat (AS), pada 24-26 Juni 2017.

Salah satu yang dikunjungi Jonan adalah ExxonMobil. Jonan menawarkan peluang investasi kilang minyak di Indonesia. Kalau Exxon bersedia, Jonan akan memberikan izin usaha mulai dari untuk kilang minyak sampai SPBU.

Jadi Exxon bisa membuat kilang minyak hingga SPBU, bisnisnya terintegrasi. Exxon, kata Jonan, mempertimbangkan tawaran ini.

"Exxon itu punya fasilitas refinery (kilang) besar di Singapura, saya tawarkan mau enggak bikin di Indonesia. Kalau mau, saya kasih izin sampai bikin SPBU sendiri. Mereka masih mempertimbangkan," kata Jonan dalam konferensi pers di Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (1/8/2017).

Selain menawarkan peluang investasi di hilir migas, Jonan juga menyampaikan terima kasih kepada Exxon karena bersedia mengembalikan Blok East Natuna kepada pemerintah Indonesia.

Selama ini, pemerintah ingin pengembangan Blok East Natuna dikebut, tapi Exxon tidak sepakat karena takut rugi. Dengan adanya surat dari Exxon, keputusan berada sepenuhnya di tangan pemerintah. Jadi pengembangan bisa dipercepat sesuai keinginan pemerintah.

Ia menambahkan, jika East Natuna tetap di tangan Exxon, pengembangan Blok East Natuna akan terus jalan di tempat. Kini saatnya Pertamina mencari partner baru yang memiliki teknologi lebih ekonomis untuk pengembangan Blok East Natuna.

"Saya ucapkan terima kasih, setelah sekian lama akhirnya Exxon mengembalikan East Natuna karena mereka enggak sanggup. Kandungan CO2 di East Natuna menurut studi 72%, jadi cost-nya besar sekali. Jadi dikembalikan daripada ditahan-tahan. Pemerintah juga akan tanya, Pertamina mau terusin atau enggak," pungkasnya. (mca/wdl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed