Follow detikFinance
Selasa 08 Aug 2017, 19:17 WIB

Adu Irit Mobil Listrik dan BBM, Siapa yang Unggul?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Adu Irit Mobil Listrik dan BBM, Siapa yang Unggul? Foto: Sylke Febrina Laucereno
Jakarta - Mobil listrik digadang-gadang sebagai mobil masa depan yang ramah lingkungan. Banyak perbandingan yang membuat mobil listrik lebih unggul dari mobil konvensional berbahan bakar minyak (BBM).

Product Planning Manager BMW Indonesia Tami Notohutomo menjelaskan, tahun lalu, BMW melakukan uji terhadap mobil listrik produksinya dengan mobil konvensional yang menggunakan BBM. Dua mobil itu diuji untuk menempuh jarak yang sama yakni 200 km.

Hasilnya, secara biaya bahan bakar, mobil listrik terbukti lebih murah ketimbang mobil konvensional dengan BBM. Untuk menempuh jarak 200 km, mobil listrik membutuhkan daya sekitar 27,7 kilowatt dengan asumsi harga listrik tahun lalu Rp 1.400 per kwh.

"Jadi 27,7 kilowatt dikali Rp 1400 itu sekitar Rp 38,780 atau dibulatkan Rp 40.000," ujarnya di Direktorat Jenderal EBTKE, Jakarta, Selasa (8/8/2017).

Sementara, pada mobil konvensional, 1 liter BBM sepsifikasi ron 92 bisa menempuh jarak 12 km. Artinya, untuk menempuh 200 km, diperlukan BBM sebanyak 16,6 liter. Dengan asumsi harga BBM seharga Rp 9.250, maka biaya bahan bakarnya mencapai Rp 154.166.

Dia menjelaskan, selain hemat biaya, penggunaan mobil listrik dapat mengurangi emisi penyebab gas rumah kaca. Jadi nantinya kualitas udara bisa lebih baik karena emisi gas buang dari mobil berkurang.

"Kan pemerintah Indonesia berkomitmen untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan mengurangi 29% emisi gas buang dari kendaraan konvensional berbahan bakar minyak," tambahnya.

Selain itu Indonesia juga dinilai sudah cocok untuk mengembangkan mobil listrik karena saat ini orang sudah mulai sadar lingkungan dan bergantung dengan teknologi terbaru.

Mobil listrik juga bisa memberikan manfaat pendidikan, ekonomi hingga dampak lingkungan yang baik. (dna/mkj)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed