Follow detikFinance
Rabu 09 Aug 2017, 14:13 WIB

Gelontorkan Rp 49 Miliar, PLN Terangi 17 Desa di Riau

Chaidir Anwar Tanjung - detikFinance
Gelontorkan Rp 49 Miliar, PLN Terangi 17 Desa di Riau Foto: Grandyos Zafna
Pekanbaru - Hari ini Provinsi Riau merayakan ulang tahun ke-60. Dibarengi acara tersebut, Gubernur Riau, Arsyadjuliandi 'Andi' Rachman meresmikan listrik masuk ke 17 desa di Riau.

Acara ini ditandai dengan penandatanganan prasasti dan penekanan tombol sirine di halaman Kantor Gubernur Riau, Jl Sudirman Pekanbaru, Rabu (9/8/2017).

"Kita mengharapkan proses melistriki desa dapat dipercepat dan kita harap PLN bisa sukses dalam menjalankan tugas untuk mewujudkan Riau terang," kata Gubernur Riau Andi Rachman.

Sementara itu ditempat yang sama, Kepala Divisi Operasi PLN Direktorat Bisnis Regional Sumatera, Supriyadi mengatakan saat ini pihaknya tengah gencar-gencarnya membangun infrastruktur listrik agar mampu memasok daya listrik hingga pelosok desa yang belum berlistrik.

Supriyadi menyebutkan, kali ini PLN menggelontorkan dana sebesar Rp 49 miliar untuk membangun infrastruktur listrik di 17 desa yang tersebar di 6 kabupaten yang berada di Provinsi Riau. 17 desa itu kini sudah menikmati listrik PLN selama 24 jam penuh setiap harinya.

"Pembangunan listrik di desa bertujuan untuk memacu pertumbuhan ekonomi desa agar kehidupan warga desa semakin membaik seiring terpenuhinya kebutuhan listriknya," katanya.

Supriyadi mengungkapkan di seluruh Sumatera ada 28.559 desa, sejak awal 2017 sebanyak 27.583 sudah berlistrik. Jadi masih ada 976 desa yang belum berlistrik.

"Dari jumlah tersebut 261 desa ada di Riau. Setidaknya ada 99 desa yang akan menikmati listrik di tahun 2017. Ini sudah menjadi komitmen PLN untuk membangun Riau agar Riau semakin terang di tahun 2019 dengan 100 persen desa berlistrik," jelas Supriyadi.

Kondisi kelistrikan di Sumatera saat semakin membaik di bandingkan tahun 2015. Hal ini ditandai dengan pertumbuhan kebutuhan listrik tahun 2016 mencapai angka 9%, bahkan di Riau sendiri mencapai 11%.

Supriyadi mengungkapkan bahwa pembangunan infrastruktur listrik di Sumatera menunjukkan perkembangan yang sangat pesat sejak Gubernur, Kepala Kejasaan Tinggi, Kepala Kepolisian Daerah bersama-sama PLN menyelesaikan permasalahan pembebasan lahan tapak tower transmisi.

"Hasilnya nyata terlihat di Sumatera, kebutuhan listrik sudah tercukupi termasuk di Riau. Bahkan di Riau sudah ada tambahan 4 gardu induk sampai saat ini. Sehingga kami berharap masyarakat tidak ragu lagi dalam mengajukan permohonan pasang baru karena listrik di Sumatera sudah cukup," pungkas Supriyadi. (cha/mca)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed