Follow detikFinance
Sabtu 12 Aug 2017, 16:02 WIB

Pasokan Gas ke Rumah Tangga di Bekasi Terganggu, Ini Sebabnya

Michael Agustinus - detikFinance
Pasokan Gas ke Rumah Tangga di Bekasi Terganggu, Ini Sebabnya Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Sejak 7 Agustus 2017, pasokan gas bumi untuk ribuan rumah tangga di Bekasi terhenti, terjadi pemadaman aliran gas. Akibatnya, para pelanggan gas kesulitan memasak makanan.

Banyak yang menduga gangguan terjadi akibat rusaknya pipa gas milik PT Pertamina Gas (Pertagas) yang memang jalurnya melewati Bekasi.

Tapi Pertagas menerangkan bahwa gangguan terjadi bukan di pipa miliknya. Pipa transmisi milik Pertagas tetap beroperasi normal memasok gas ke industri.

Yang sedang dalam perbaikan adalah pipa distribusi milik PT Sinergi Patriot Bekasi, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) pengelola jaringan gas (jargas) rumah tangga setempat.

Gas dari Pertamina EP dialirkan ke pipa transmisi milik Pertagas, lalu ke pipa distribusi milik Sinergi Patriot Bekasi untuk disalurkan ke rumah-rumah. Gangguan ada di pipa Sinergi Patriot Bekasi, sedangkan pipa Pertagas normal.

"Pipa transmisi kami tidak ada gangguan, pasokan gas tetap normal, pasokan ke industri jalan," kata Manajer Humas Pertagas, Hatim Ilwan, kepada detikFinance, Sabtu (12/8/2017).

Sampai hari ini, pipa milik Sinergi Patriot Bekasi masih dalam perbaikan karena ada kebocoran. Gas bumi belum kembali mengalir ke dapur-dapur pelanggan. (mca/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed