Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 15 Agu 2017 17:52 WIB

Arcandra Ajak Pemda Dukung Program Jaringan Gas

Bahtiar Rifa'i - detikFinance
Foto: Dok. PGN Foto: Dok. PGN
Serang - Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar meminta pemerintah daerah mendukung program jaringan gas (jargas). Termasuk program konventer kit bagi nelayan sehingga tidak lagi menggunakan solar.

"Kita harapkan daerah berpartisipasi aktif lewat Jargas (jaringan gas), juga program konventer kit bagi nelayan karena yang tabung dibawa, nelayan tidak lagi pakai solar. Selain biaya murah, juga ramah lingkungan," kata Arcandra di Cikande, Serang, Banten, Selasa (15/8/2017).

Khusus untuk wilayah Serang sendiri, Arcandra mengatakan baru tahun depan bisa memasukkan program pembangunan jaringan gas. Pembicaraan antara perwakilan pemerintah daerah sudah dilakukan dengan pihak kementerian.


Sedangkan untuk tahun ini, lanjut Arcandra, Kementerian ESDM sudah menentukan anggaran dan wilayah mana saja yang mendapatkan program tersebut.

"Mungkin tahun depan kalau bisa kita masukan Serang ini," ujar Arcandra.

Sementara itu, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengatakan, khusus di wilayah kabupaten dibutuhkan jaringan gas yang banyak. Apalagi, ada 1,5 juta lebih penduduk Serang dengan 430 ribu kepala keluarga. Namun, ia meminta ketika dibangun jaringan gas tersebut, kementerian agar memprioritaskan jaringan untuk penduduk menengah ke bawah.

"Kalau berapa, kita terima karena kementerian ngurus se Indonesia. Di 2018 kita sudah dapat ploting," tutur Ratu Tatu. (bri/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com