Follow detikFinance
Kamis 17 Aug 2017, 16:57 WIB

17 Rumah Veteran di NTT Direnovasi Pada HUT ke-72 RI

Irwan Nugroho - detikFinance
17 Rumah Veteran di NTT Direnovasi Pada HUT ke-72 RI Foto: Dok. PLN
Jakarta - Sebanyak 17 rumah veteran di Nusa Tenggara Timur (NTT) direnovasi oleh PT Perusahaan Listrik Negara (Persero). Program Bedah Rumah Veteran tersebut bertujuan meningkatkan penghargaan untuk para pahlawan atas perjuangan mereka di tengah perayaan HUT ke-72 RI tahun ini.

Tiap rumah yang dibedah menghabiskan biaya kurang lebih Rp 70 juta lengkap dengan perabot rumah tangga. Lima rumah telah selesai pengerjaannya, sedangkan lainnya akan diselesaikan pada akhir tahun 2017. PLN bekerjasama dengan Korem 161 Wirasakti Kupang dalam hal pendataan veteran yang akan menerima dan pembangunan rumah.

17 Rumah Veteran di NTT Direnovasi Saat HUT ke 72 RIFoto: Dok. PLN

Acara penyerahan rumah veteran dilakukan oleh Dewan Komisaris PLN Jenderal Purnawairawan Budiman dan Direktur Human Capital Management PLN Muhamad Ali di rumah veteran Agustinus. Turut hadir dalam acara tersebut Dandim XVI/Belu Letkol CZI Nurdihin.

"Jumlah rumah veteran yang dibedah oleh PLN mencapai 17 unit dimana 3 rumah lokasinya di Kupang dan 14 rumah lainnya di Atambua. Namun, karena kondisinya yang sudah tidak terlalu baik, maka rumah-rumah itu bukan dibedah, melainkan dibangun ulang," kata Direktur Human Capital Management PLN, Muhamad Ali.

17 Rumah Veteran di NTT Direnovasi Saat HUT ke 72 RIFoto: Dok. PLN

Ali menambahkan, kegiatan ini sebagai bentuk apresiasi PLN atas jasa para pejuang dalam mempertahankan kedaulatan NKRI. Sedangkan Letkol CZI Nurdihin mengatakan bahwa ini merupakan bukti nyata kerjasama antara PLN dengan Korem untuk turut serta masyarakat khususnya para veteran.

Pelaksanaan kegiatan yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN dan difasilitasi oleh seluruh BUMN yang memiliki wilayah kerja di 34 provinsi seluruh Indonesia, juga menjadi bagian dalam membangun pemahaman para pemangku kepentingan (stakeholders) mengenai peran Kementerian BUMN dan BUMN dalam turut serta kontribusi nyata pada masyarakat.

Dengan demikian, para veteran maupun pemangku kepentingan akan memiliki pandangan yang baik tentang Kementerian BUMN dan seluruh BUMN Indonesia, yang telah berperan dalam kontribusi pada masyarakat sekitar.

"Selama ini saya tidak pernah menerima bantuan apapun. Sekarang saya mendapat bantuan rumah beserta perabotnya dari PLN. Saya sangat senang sekali, kami doakan yang terbaik bagi PLN," ungkap Anastasia Bui, istri veteran yang menerima bantuan program BRV. Suaminya yang seorang veteran telah meninggal pada tahun 2010.

17 Rumah Veteran di NTT Direnovasi Saat HUT ke 72 RIFoto: Dok. PLN

Pelaksanaan program BRV sudah dilakukan sejak 2015. Tahun 2015 PLN telah telah merealisasikan 45 unit rumah di provinsi Kalimantan Selatan, pada 2016 PLN telah merenovasi sebanyak 71 unit rumah di Provinsi DKI Jakarta. Sedangkan di tahun 2017 ini PLN akan merealisasikan bedah rumah sebanyak 17 unit rumah di NTT, 26 unit rumah di Papua dan 30 unit rumah di Papua Barat.

Sampai dengan 2016 di 34 provinsi telah diselesaikan sebanyak 2.433 rumah dari target yang disampaikan oleh Legiun Veteran Republik Indonesia dan TNI yaitu sebanyak 4.077 rumah. Adapun data rumah yang tersisa dan akan diselesaikan di Tahun 2017 adalah sebanyak 1.644 rumah di 23 provinsi.

PLN Bantu Renovasi Gedung Sekolah di Atambua

Berbagai acara digelar PT PLN (Persero) untuk mengisi HUT ke-72 RI di perbatasan RI-Timor Leste di Atambua, Nusa Tenggara Timur (NTT). PLN memberikan bantuan renovasi gedung sekolah di Sekolah Menengah Atas Katolik Suria, Atambua.

Bantuan berupa uang sebesar Rp 330 juta rupiah untuk renovasi bangunan sekolah dan peralatan drum band. Bantuan itu secara simbolis diserahkan Komisaris PLN Aloysius Kiik Ro di SMAK Suria yang merupakan salah satu alumni SMAK Suria.

17 Rumah Veteran di NTT Direnovasi Saat HUT ke 72 RIFoto: Dok. PLN

Pemberian bantuan ini merupakan bentuk kepedulian PLN dalam dunia pendidikan dan keberlangsungan seni di sekolah. Kepala Sekolah SMAK Suria Atambua, Romo Bentamin Seran, mengatakan, PLN tidak hanya tentang pasang listrik, namun juga berkontribusi dalam segala sendi kehidupan, termasuk pendidikan.

"Dengan adanya kami yang diperbatasan bisa menerima informasi dari luar dan tentu saja PLN memberikan pelayanan terbaik untuk Atambua," katanya.

Sementara itu dalam sambutannya Aloysius mengungkapkan PLN sebagai BUMN selalu hadir ditengah-tengah masyarakat melalui kegiatan CSR yang dikemas dalam PLN Peduli. Hal ini sebagai bakti PLN sebagai agen pembangunan demi Indonesia yang lebih baik.

Sebelum memberikan bantuan ke SMAK Suria, PLN melakukan upacara bendera di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Mota'ain sebagai rangkaian peringatan HUT ke-72 RI. Rangkaian acara selanjutnya adalah pesta rakyat dan kuliner, bedah rumah veteran, konser kemerdekaan yang akan digelar hari ini. Sedangkan pada Jumat (18/8/2017) besok akan digelar acara jalan sehat di Atambua.. (irw/mkj)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed