PLN Mau Bikin PLTS Terapung di Waduk Cirata, Kapan Dibangun?

Michael Agustinus - detikFinance
Kamis, 31 Agu 2017 18:25 WIB
Foto: Hasan Alhabshy
Jakarta - PT PLN (Persero) dan perusahaan pengembang energi terbarukan asal Uni Emirat Arab (UEA), Masdar, sedang menyelesaikan kajian untuk membangun pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) terapung alias floating PV power plant di Waduk Cirata, Purwakarta, Jawa Barat.

Direktur Pengadaan Strategis 1 PLN, Nicke Widyawati, mengungkapkan pihaknya ingin PLTS terapung mulai dibangun akhir tahun ini.

"Sedang finalisasi studinya untuk jaringan dan sebagainya. Kita harapkan tahun ini mulai dibangun," kata Nicke kepada detikFinance, Kamis (31/8/2017).

PLTS dibuat terapung di atas waduk agar biaya investasinya murah, tak perlu pembebasan lahan. Rencananya total kapasitas PLTS terapung yang dibangun mencapai 200 Megawatt (MW), butuh lahan seluas 200 Hektar (Ha).

Pembangkit tenaga matahari ini akan dibangun secara bertahap sembari mengembangkan industri komponen PLTS di dalam negeri. Jadi nantinya komponen PLTS tak seluruhnya impor.

"Kita kan ingin ada porsi TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri), floating PV ini kan di dalam negeri belum ada. Jadi mungkin bertahap, sebagian dulu. Kalau industri di dalam negeri belum ada kan kita terpaksa beli dari luar, namun nantinya secara paralel bangun industri dalam negerinya," tutupnya. (mca/mca)