Follow detikFinance
Selasa 12 Sep 2017, 18:46 WIB

Listrik Kemang Hingga Ragunan Sempat Mati 3 Jam, PLN Minta Maaf

Michael Agustinus - detikFinance
Listrik Kemang Hingga Ragunan Sempat Mati 3 Jam, PLN Minta Maaf Foto: dok. PLN
Jakarta -
PLN Distribusi Jakarta Raya memohon maaf kepada para pelanggan di wilayah Pondok Indah, Kemang, Duren Tiga, Pejaten, Ragunan, Tanjung Barat, Warung Buncit, Kalibata, dan sekitar atas padamnya listrik pada pukul 23.55 WIB pada 11 September 2017 akibat adanya gangguan di jaringan Saluran Kabel Tegangan Menengah (SKTM).

Wilayah yang terdampak gangguan tersebut, antara lain Jl. Abdul Rochim, Jl. Gatot Subroto, Jl. Kapten Piere Tendean, Jl. Margasatwa, Jl. T. B. Simatupang, Jl. R. M. Harsono, Jl. Fatmawati, Jl. Pendidikan Terogong, Jl. Banjar Sari II, Jl. Sekolah Kencana 4, Jl. Sekolah Kencana 5, Jl. Metro Duta Pondok Indah, Jl. Niaga Duta, Jl. Don Bosco, Jl. Kemang Timur, Jl. Warung Buncit Raya, Jl. Pejaten Raya, Jl. Tanjung Barat, Jl. Poltangan, Jl. Duren Tiga, Jl. Kalibata Utara, Jl. Kebagusan 2, Jl. H. Nair, dan sekitarnya.
"Untuk mengatasi hal tersebut, PLN Distribusi Jakarta Raya telah melakukan manuver jaringan sehingga pada pukul 00.35 WIB pada 12 September 2017, gardu yang padam akibat gangguan tersebut berangsur normal kembali dan pada pukul 03.50 WIB, seluruh gardu telah menyala seluruhnya," kata Deputi Manajer Komunikasi dan Bina Lingkungan PLN Disjaya, Dini Sulistyawati, dalam keterangan tertulis, Selasa (12/9/2017).
Sumber gangguan (trip) tersebut telah diketahui titik lokasinya dan untuk memperbaiki hal tersebut, PLN Distribusi Jakarta Raya segera akan meminta izin kepada Pemerintah Daerah setempat untuk melakukan penggalian dan perbaikan SKTM yang rusak tersebut.
Ada langkah-langkah yang dilakukan PLN Distribusi Jakarta Raya dalam menangani gangguan tersebut. Pertama, manuver jaringan melalui aset PLN yang tidak mengalami gangguan sehingga jaringan listrik pelanggan dapat segera dinormalisasi. Kedua, melakukan deteksi lapangan terkait lokasi gangguan untuk kemudian diperbaiki
Ketiga, menyiagakan Unit Kabel Bergerak (UKB) untuk manuver jaringan lanjutan apabila diperlukan. Keempat, perbaikan dan penggantian aset yang telah tidak layak dengan disertai izin dari Pemda setempat.
Selain langkah-langkah kuratif tersebut, PLN Distribusi Jakarta Raya juga melakukan tindakan preventif melalui pemeliharaan aset-aset secara rutin dilakukan setiap harinya.
Adapun informasi mengenai pemadaman jaringan kelistrikan di wilayah kerja PLN Distribusi Jakarta Raya dapat dilihat secara real time melalui https://pelita.plnjaya.co.id/. Pelanggan juga dapat menghubungi Contact Center PLN 123 bila terdapat hal–hal yang kurang jelas atau gangguan serta keluhan jaringan kelistrikan lainnya.

Contact Center PLN 123 dapat diakses melalui telepon di (021) 123, melalui Facebook di PLN 123, melalui Twitter di @pln_123, melalui email di pln123@pln.co.id, atau melalui aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh di Google Play Store.
(mca/mca)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed