Follow detikFinance
Rabu 13 Sep 2017, 15:23 WIB

Pengusaha Dorong Pemasangan Solar Panel di Atap-atap Rumah

Hendra Kusuma - detikFinance
Pengusaha Dorong Pemasangan Solar Panel di Atap-atap Rumah Foto: Pool/Agus Trimukti.
Jakarta - Pemerintah terus mendorong pengembangan energi baru terbarukan (EBT) di Indonesia. Dalam acara The 6th IndoEBTKE ConEx 2017 terdapat penandatangan kerja sama antara Direktorat Jenderal EBTKE dengan Real Estate Indonesia (REI) terkait dengan pengembangan solar panel di atap-atap rumah.

"Ini baru kajian awal, jadi REI itu kan membangun rumah, jadi pembangunannya nanti BTN dan lain-lain dikerjasamakan sehingga atap rumah pakai energi listrik solar panel," kata Direktur Panas Bumi Kementerian ESDM, Yunus Saefulhak, di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (13/9/2017).

Pengembangan solar panel, kata Yunus, tidak hanya di bangunan rumah, melainkan di lingkungan perumahan itu dibangun seperti di penerangan jalan umum (PJU).

"Jadi kaya kota mandiri, tapi ini dilakukan studi dulu, bagaimana tetap membeli rumah dengan harga yang terjangkau," jelas dia.

Ke depannya, kata Yunus, pengembangan solar panel bisa saja dikelola secara mandiri oleh pengembang, atau bisa juga masuk ke jaringan listrik milik PT PLN.

"Kalau untuk rumah-rumah di pelosok itu bisa sendiri, kalau masuk jaringan PLN kan harus narik transmisi dan lainnya," tukas dia. (mca/mca)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed