Follow detikFinance
Rabu 13 Sep 2017, 18:58 WIB

Luhut: 51% Saham Freeport Dikuasai RI di 2019

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Luhut: 51% Saham Freeport Dikuasai RI di 2019 Foto: Wahyu Daniel
Jakarta - Menko Kemaritiman Luhut Panjaitan menjamin Indonesia akan memiliki 51% saham PT Freeport Indonesia di 2019 mendatang. Saat ini pemerintah sudah memiliki 9,36% saham Freeport Indonesia, sehingga dibutuhkan sekitar 41% lagi untuk mencaplok saham Freeport Indonesia.

"Freeport akan lepas 51% saham, jangka penyelesaiannya paling lambat sampai 2019," ujar Luhut dalam diskusi di Kantor Kemenko Maritim, Jakarta Pusat, Rabu (13/9/2017).

Pembagian persentase saham, lanjut Luhut, kemungkinan akan diberikan ke Pemerintah Daerah Papua 5-10% dan sisanya bisa ke pemerintah pusat hingga BUMN maupun pihak lain sesuai ketentuan yang berlaku. Nilai saham yang ditawarkan PT Freeport Indonesia nantinya akan ditentukan oleh valuator independen.

"51% sekarang lagi dibicarakan antara pemerintah pusat dan pemda, berapa persen pemda mungkin 5%-10%. Valuasi kita serahkan ke market, independen yang menilai kedua belah pihak. Jadi ada kajian dan formulanya, tapi tidak ikut dengan cadanganannya," kata Luhut.

Dengan kepemilikan saham 51% di 2019 mendatang, Indonesia memiliki kendali atas PT Freeport Indonesia. Peran Indonesia dalam operasional perusahaan juga bisa lebih besar lagi.

"Kalau 51%, CEO kita, operasional kita, finance-nya kita ya bisa dibuat seperti itu. Jadi kita mengacu ketentuan yang berlaku umum," tutup Luhut. (ara/mca)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed