Follow detikFinance
Kamis 14 Sep 2017, 13:07 WIB

Rini Tugaskan Budi Sadikin Caplok Saham Freeport

Hendra Kusuma - detikFinance
Rini Tugaskan Budi Sadikin Caplok Saham Freeport Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Menteri BUMN menunjuk Budi Gunadi Sadikin sebagai Direktur Utama PT Inalum menggantikan Winardi Sunoto. Selama ini Budi memang sudah disiapkan untuk memimpin holding BUMN pertambangan.

Inalum adalah BUMN yang akan menjadi induk holding BUMN pertambangan. Jadi penunjukan Budi adalah bagian dari rencana tersebut.


Selain itu, selama menjadi Staf Khusus Rini, Budi telah terlibat bersama Kementerian ESDM dan Kementerian Keuangan dalam hal proses divestasi saham PT Freeport Indonesia.

Salah satu tugas Budi Sadikin sebagai Dirut Inalum adalah mempersiapkan BUMN pertambangan untuk membeli saham Freeport.

"Pada dasarnya Inalum ini ke depan akan menjadi Holding Tambang dan beliau kan selama ini telah menjadi staf khusus saya dan selama ini juga sudah bekerja sama erat dengen Kementerian ESDM dan Kementerian Keuangan untuk mempersiapkan sehubungan dengan divestasi Freeport," kata Rini saat ditemui di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis (14/9/2017).


Pengalaman yang dimiliki Budi, kata Rini, juga menjadi salah satu alasan terpilihnya Budi sebagai Dirut Inalum.

"Beliau sangat capable, pernah menjadi Direktur Mandiri, menjadi Direktur Bank Mandiri cukup lama. Kami melihat bahwa beliau memang memiilki kemampuan untuk itu. Memang dilihat Inalum sebagai perusahaan holding," tutupnya. (mca/mca)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed