Follow detikFinance
Kamis 14 Sep 2017, 17:40 WIB

Baling-baling 'Kebun Angin' Pertama RI Datang dari Spanyol

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Baling-baling Kebun Angin Pertama RI Datang dari Spanyol Foto: Dok. UPC
Jakarta -
Upaya pemerintah untuk memenuhi target bauran energi terbarukan sebesar 23% pada tahun 2025 mendatang terus dilakukan. Salah satunya adalah melalui pembangunan pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB) di Sidrap, Sulawesi Selatan.
PLTB Sidrap akan menghasilkan listrik sebesar 75 MW dari 30 turbin angin berukuran raksasa. Sebagian komponen dari turbin tersebut didatangkan langsung dari Spanyol dan diproduksi oleh perusahaan asal negara yang sama, Gamesa.

Baling-baling 'Kebun Angin' Pertama RI Datang dari SpanyolFoto: Dok. UPC
Mulai dari yang disebut Nacelle. Komponen ini berada di bagian belakang kipas yang menampung semua komponen pembangkit dalam turbin angin, termasuk generator, gearbox, drive train, dan perakitan rem.
Komponen lainnya adalah hub yang menutup bagian depan Nacelle, yang mengapit baling-baling turbin. Kemudian ada pula baling-baling raksasa atau blade dengan panjang 56 meter dan juga diproduksi oleh perusahaan yang sama.
Seluruh komponen ini didatangkan langsung dari Spanyol dan dibawa ke Sulawesi lewat jalur laut. Sementara tower atau tiang dari turbinnya didatangkan dari Serang di Banten.
Engineer UPC Renewables, Eduardus Jonathan Sutanto menjelaskan, seluruh komponen-komponen turbin ini didatangkan lewat jalur laut mulai bulan Agustus lalu. Komponen raksasa ini didatangkan setelah pembangunan beberapa pondasi telah rampung dan akses jalan untuk dilewati oleh kendaraan yang membawa komponen tersebut telah selesai.
"Rute pengangkutan baling-baling, menggunakan jalan nasional dari pelabuhan Parepare, hingga ke arah Kabupaten Sidrap dan dibawa ke daerah perbukitan seluas 100 ha," katanya saat ditemui di acara IndoEBTKE ConEx di Balai Kartini, Jakarta, Kamis (14/9/2017).
Rencananya, proses pemancangan awal tiang turbin ini akan dilakukan oleh Menteri ESDM, Ignasius Jonan pada tanggal 29 September mendatang. Diharapkan hingga akhir tahun mendatang, 30 turbin raksasa tersebut telah berdiri dan bisa mengaliri listrik di Sulawesi Selatan pada tahun depan.

Baling-baling 'Kebun Angin' Pertama RI Datang dari SpanyolFoto: Dok. UPC
Dengan kapasitas 75 MW, PLTB Sidrap diproyeksi mampu mengalirkan listrik untuk 70.000 pelanggan di Sulsel dengan daya listrik rata-rata 900 VA.
PLTB Sidrap merupakan pembangkit tenaga angin pertama dan terbesar di Indonesia yang memanfaatkan lahan kurang lebih 100 hektar. Nantinya listrik yang dihasilkan seharga USD 0,11 per kWh. Dengan adanya PLTB tersebut tentunya akan memperkuat sistem kelistrikan di Sulawesi Selatan sehingga cadangan daya sistem Sulsel akan menjadi sebanyak 500 MW di tahun 2018.
(eds/mca)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed