Follow detikFinance
Selasa 26 Sep 2017, 11:48 WIB

Jonan Ledek Dirut Pertamina Tak Pakai Kaos Kaki

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Jonan Ledek Dirut Pertamina Tak Pakai Kaos Kaki Foto: Ardan Adhi Chandra
Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan meledek Direktur Utama Pertamina Elia Massa Manik terkait program Bahan Bakar Minyak (BBM) satu harga. Jonan mengatakan gara-gara BBM satu harga, Massa tidak mengenakan kaos kaki.

"Pak Massa mendukung sih, karena ini (BBM satu harga) ada sebelum pak Massa. Makanya enggak pakai kaos kaki ini karena BBM satu harga," canda Jonan diikuti tawa hadirin acara Pertambangan dan Energi Expo 2017 di Hotel JW Marriot, Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (26/9/2017).

Jonan menambahkan, biaya distribusi Pertamina untuk merealisasikan program BBM satu harga mencapai Rp 800 miliar per tahunnya. Angka tersebut dinilai Jonan tidak terlalu membebani keuangan Pertamina.

"BBM satu harga itu menambah biaya distribusi atau operasi Pertamina setahun sekitar Rp 700-800 miliar tambahannya. Ya okelah, kan ini enggak banyak," tutur Jonan.

Ia pun mengungkapkan kemungkinan penugasan BBM satu harga diberikan selain Pertamina. Hanya saja memerlukan perubahan peraturan yang diperkirakan menimbulkan risiko di depan.

"Apa mau begini atau Perpresnya diubah bahwa yang boleh mendistribusikan BBM penugasan atau premium RON 88 itu yang harus punya kilang. Kalau dibuka boleh tidak punya kilang ini gimana. Tapi ini risikonya besar," ujar Jonan. (ara/mkj)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed