Follow detikFinance
Jumat 06 Oct 2017, 16:07 WIB

Pertamina Pasok Elpiji untuk Pengungsi Gunung Agung

Niken Widya Yunita - detikFinance
Pertamina Pasok Elpiji untuk Pengungsi Gunung Agung Foto: Pertamina Bagi-bagi Elpiji untuk Pengungsi Gunung Agung (Dok. Pertamina Surabaya)
Jakarta - Pertamina Marketing Operation Region V JatimBaliNus melalui Pertamina Peduli memberikan dukungan ke pengungsi Gunung Agung. Mereka menyalurkan elpiji 12 kg dan 50 kg ke posko utama, kemudian didistribusikan kepada posko pengungsian yang lain.

7 posko utama tersebut yakni posko Swecapura-Klungkung, posko Ulakan-Karangasem, posko Tanah Ampo/Manggis-Karangasem, posko Rendang-Karangasem, posko Tembok-Buleleng, posko Les-Buleleng dan posko Sambirenteng-Buleleng.

Pertamina juga telah mengkonversi kompor minyak tanah ke LPG milik TNI di posko Swecapura. Kemudian akan dilanjutkan dengan konversi kompor minyak tanah yang berada di Posko Les. Adapun dari 22 September hingga 4 Oktober 2017, Pertamina telah menyalurkan 237 tabung LPG 12 kg, 40 tabung Bright Gas 5,5 kg dan 12 tabung LPG 50 kg.


  Pertamina Bagi-bagi Elpiji untuk Pengungsi Gunung Agung Foto: Bantuan fasilitas MCK untuk Pengungsi Gunung Agung (Dok. Pertamina Surabaya)

Pertamina juga menyerahkan bantuan fasilitas MCK sebanyak 10 unit untuk pengungsi yang berlokasi di posko pengungsian desa Ulakan, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem. Bantuan ini diserahkan langsung oleh General Manager Pertamina MOR V Herman M Zaini kepada Camat Manggis Ida Nyoman Astawa SSTP.

"Alhamdulillah MCK selesai dibangun dan sudah bisa dipergunakan oleh pengungsi. MCK merupakan kebutuhan yang tak kalah pentingnya setelah bahan makanan pokok. Semoga bisa bermanfaat bagi para pengungsi," ujar Herman dalam keterangan tertulis dari Pertamina Surabaya, Jumat (6/10/2017).

Di luar bantuan di atas, Pertamina juga telah menyalurkan bantuan berupa sembako, selimut, kasur, obat-obatan, dan perlengkapan kebutuhan sehari-hari.

Bantuan ini, lanjut Herman, sedikit banyaknya diharapkan mampu meringankan penderitaan pengungsi.

"Apa yang dialami pengungsi akibat peningkatan status awas Gunung Agung ini adalah penderitaan kita juga, kita semua sama-sama merasakan bagaimana sulitnya tinggal di pengungsian. Kita berharap dalam waktu dekat ini mereka sudah dapat kembali pulang dan melakukan aktivitasnya lagi," kata Herman.

Program Pertamina Peduli sebagai bagian dari BUMN Peduli merupakan komitmen Pertamina sebagai Badan Usaha Milik Negara untuk senantiasa hadir di tengah-tengah masyarakat dalam kegiatan Corporate Social Responsibility. Selain itu juga merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap para pengungsi di masa tanggap darurat bencana. (nwy/hns)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed