Follow detikFinance
Senin 09 Oct 2017, 15:59 WIB

Rapat dengan Jonan, DPR Kritik Soal Divestasi Saham Freeport

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Rapat dengan Jonan, DPR Kritik Soal Divestasi Saham Freeport Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Menteri ESDM, Ignasius Jonan, hadir dalam rapat dengan Komisi VII DPR. Sejumlah anggota DPR mengh

Anggota Komisi VII DPR RI Kurtubi menyampaikan masukannya terkait divestasi saham Freeport Indonesia. Kurtubi menyampaikan penghitungan valuasi saham Freeport Indonesia terhadap pemerintah Indonesia terkait divestasi tidak memyertakan cadangan di dalam perut bumi karena masih milik negara.

"Jangan sampai nilai dalam di perut bumi dimasukkan. Itu milik negara, baru milik kontraktor setelah bahan tambang naik, sepanjang di dalam perut bumi itu milik negara," kata Kurtubi di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (9/10/2017).

Kurtubi meminta penghitungan saham Freeport Indonesia dilakukan dengan menghitung aset serta infrastruktur tambang milik Freeport Indonesia.

"Yang dinilai aset mereka, alat, infrastruktur. Kalau cadangan itu milik negara," tambah Kurtubi.


Anggota Komisi VII DPR RI lainnya, Ramson Siagian mengaku heran terkait realisasi divestasi saham Freeport Indonesia hingga 51%. Pasalnya hingga saat ini wacana tersebut tak kunjung terealisasi.

"Jadi apa yang sudah beres. Ini kadang dunia pencitraan, seharusnya apa adanya dikemukakan ke publik baru tahapan 51%, isi belum, harga belum, apa mampu beli. Terus nanti syarat investasi berikutnya Rp 100 triliun, apa siap. Jadi ini belum detail tahu-tahu prestasi 51%. Ini saya heran juga, kok bisa," kata Ramson.

Dalam penjelasan mengawali rapat dengan Komisi VII DPR, Jonan mengatakan tidak ada poin kesepakatan antara Freeport dan Pemerintah Indonesia yang berubah.

"Dari pertemuan sampai hari ini, sebenarnya tidak ada yang berubah. Memang media masukkan surat Freeport, yang surat Freeport ditujukan ke Sekjen Kemenkeu mengingat bahwa Presiden menugaskan detail divestasi itu dibicarakan dengan Menkeu dan Menteri BUMN," kata Jonan. (ara/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed