Follow detikFinance
Senin 09 Oct 2017, 16:12 WIB

117 MW Listrik PLTGU Senipah Bisa Terangi 4 Juta Warga Kalimantan

- detikFinance
117 MW Listrik PLTGU Senipah Bisa Terangi 4 Juta Warga Kalimantan Foto: Michael Agustinus
Jakarta - Setelah mencapai financial close atau penyelesaian komitmen pembiayaan proyek pada 22 September 2017 lalu akhirnya PT Kartanegara Energi Perkasa (KEP) bakal melanjutkan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Senipah.

"Kami sampai akhir tahun 2017 akan melakukan land preparation, selanjutnya di awal tahun 2018 sudah mulai pembangunan dan awal 2019 sudah mulai beroperasi," ujar Direktur PT KEP Renzi Renditya pada acara press conference di The Energy Building (9/10/2017).

Juli Oktarina selaku Direktur Keuangan juga menambahkan bahwa listrik bisa dinikmati oleh sekitar 4 juta penduduk di Kalimantan Timur dan Utara mulai awal tahun 2019. Merujuk pada data Badan Pusat Statistik (BPS) bahwa jumlah penduduk Kalimantan Utara mencapai sekitar 620 ribu sedangkan Kalimantan Timur mencapai 3,4 juta penduduk.

"Kita sudah mulai beroperasi awal tahun 2019 dan akan dinikmati sekitar 4 juta penduduk Kalimantan Utara dan Timur," ujar Juli Oktarina.

PLTG Senipah saat ini menyalurkan listrik kepada PLN di wilayah Kalimantan Timur dan Utara melalui sistem jaringan transmisi Mahakam yang didistribusikan ke wilayah Kalimantan Timur termasuk Balikpapan, Samarinda, dan Tenggarong. Alasan diadakannya ekspansi PLTGU Senipah ini adalah untuk memenuhi proyeksi pertumbuhan kebutuhan listrik sekitar 10% per tahun di wilayah tersebut.

"Kami lakukan ini untuk memenuhi kebutuhan listrik sebanyak 10% di Kalimantan Timur dan Utara," ujar Juli. (dna/dna)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed