Follow detikFinance
Kamis 12 Oct 2017, 18:47 WIB

Dekati Tahun Politik, 9 Pemprov Belum Susun Rencana Energi Daerah

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Dekati Tahun Politik, 9 Pemprov Belum Susun Rencana Energi Daerah Foto: Fadhly Fauzi Rachman/detikFinance
Jakarta - Pemerintah Daerah (Pemda) diminta segera menyelesaikan penyusunan rencana umum energi daerah (RUED) masing-masing sebelum tahun 2018. Sebab, tahun depan sudah mulai memasuki tahun poltik.

Anggota Dewan Energi Nasional (DEN), Syamsir Abduh, mengatakan saat ini masih ada sebanyak 9 provinsi yang belum menyusun RUED-nya. Antara lain Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Tenggara.

"Ada 9 provinsi yang belum aktif menyusun RUED, hal ini terlihat dari belum dibentuknya tim penyusun RUED," kata Syamsir di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jakarta, Kamis (12/10/2017)..

Syamsir juga mengatakan, Ketua Harian DEN yakni Menteri ESDM Ignasius Jonan telah menyampaikan perlunya surat imbauan untuk mengingatkan kepada Pemda terkait penyusunan RUED tersebut.

"Dalam sidang tadi, ketua harian menyampaikan perlunya himbauan atau surat kepada Pemda dari Menteri Bappenas, yang menyatakan RUED jadi sangat penting dan telah dinyatakan sebagai program trategis nasional," katanya.

Dia menerangkan, bahwa Jonan telah mewanti-wanti agar RUED dapat rampung sebelum tahun depan. Mengingat, tahun depan sudah masuk tahun politik. Sehingga, pemda tidak kehilangan momentum untuk penyusunan RUED tersebut.

"Mengingat momentum ini jangan sampai lewat, karena kita tahu 2018 ada Pilkada dan 2019 ada Pemilu. Jadi jangan sampai momentum lewat, kalau penyusunan RUED terlambat akhirnya momentum itu tidak dimanfaatkan dengan baik karena sudah masuk tahun politik," tuturnya. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed