Follow detikFinance
Jumat 13 Oct 2017, 17:38 WIB

Wamen ESDM: Pembangunan Kilang Pertamina Terkendala

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Wamen ESDM: Pembangunan Kilang Pertamina Terkendala Foto: Ari Saputra
Jakarta - Pembangunan megaproyek sejumlah kilang PT Pertamina (Persero) terkendala masalah. Pemerintah pun tengah mencari dari jalan keluarnya.

Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar, mengatakan kendala yang dihadapi dalam megaproyek tersebut antara lain, soal keuangan dan perhitungan akuntansi internasional (ISAK 8).

"Ada kendala-kendala kita akan evaluasi kendala ISAK 8 juga cash flow," kata Arcandra, di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (13/10/2017).

Walau demikian, Arcandra mengatakan pembangunan dari megaproyek tersebut tetap berjalan. Pemerintah pun berupaya untuk mencari jalan keluarnya.

"Kilang tetap berjalan, jalan tetapi ada kendala. Kendalanya sedang kita atasi," terangnya.

Untuk mencari jalan keluar tersebut, Arcandra mengatakan akan melibatkan berbagai instansi dalam.

Menurut Arcandra, untuk mengatasinya akan melibatkan berbagai instansi yang terkait dan perseroan. Pasalnya, ada aset yang kemungkinan akan di-inbreng.

"Ini bukan masalah setuju tidak setuju, ini multi dimensi, dengan KLHK (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan), strategi bisnis, termasuk mungkin kalau ada aset yang inbreng," tuturnya.

Mega proyek itu antara lain, 4 proyek Refinery Development Master Plan (RDMP) alias modifikasi kilang Cilacap, Balikpapan, Balongan, dan Dumai. Selain itu ada 2 proyek Grass Root Refinery (GRR) atau pembangunan kilang baru di Tuban dan Bontang. (wdl/wdl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed