Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 19 Okt 2017 11:21 WIB

Ini Motor Listrik yang Bakal Dijajal Jonan

Muhammad Idris - detikFinance
Foto: Muhammad Idris/detikFinance Foto: Muhammad Idris/detikFinance
Jakarta - Suasana berbeda tampak di pelataran depan Gedung Heritage, Kantor Kementerian ESDM, di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Jika biasanya persis di pintu terparkir mobil dinas pelat RI 34, kali ini yang terlihat justru sebuah motor hitam yang sebenarnya dilarang masuk lewat pintu depan.

Bukan sembarang motor, kendaraan roda dua bermerek Gesits ini sengaja ditempatkan di depan gedung utama untuk dijajal oleh Menteri ESDM, Ignasius Jonan. Gesits, merupakan nama komersial dari motor listrik besutan mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) dan PT Gesits Technologies Indo, anak perusahaan Garansindo Group.

Gesits sendiri merupakan kependekan dari Garansindo Electric Scooter ITS. Sepeda motor Iistrik pertama buatan nasional ini sepenuhnya dibangun dan dikembangkan oleh kelompok mahasiswa ITS yang dipimpin oleh Nur Yuniarto, dengan dukungan dari Garansindo dan Kementerian Riset dan Teknologi dan Pendidikan.

Gesits diciptakan sebagai kendaraan roda dua berpenggerak listrik yang ramah lingkungan dan hemat energi. Berbentuk skuter, Gesits mengaplikasi motor elektrik berdaya 5 kW dengan torsi mencapai 15Nm pada 3000 rpm.

Untuk menggerakkan motor elektriknya Gesits dibekali baterai lithium-ion dengan sistem manajemen baterai yang seluruhnya merupakan produk dalam negeri.

Hanya dibutuhkan waktu maksimal 3 jam untuk mengisi ulang energi pada baterai Gesits. Dalam kondisi baterai terisi daya penuh, motor ini mampu menempuh jarak 80-100 km dengan kecepatan maksimum mencapai 100 km/jam.
Ini Motor Listrik yang Bakal Dijajal JonanFoto: Muhammad Idris/detikFinance
Ini Motor Listrik yang Bakal Dijajal JonanFoto: Muhammad Idris/detikFinance
Ini Motor Listrik yang Bakal Dijajal JonanFoto: Muhammad Idris/detikFinance
(idr/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com