Follow detikFinance
Jumat 20 Oct 2017, 10:03 WIB

BBM Satu Harga Tekan Harga Solar di Natuna

Danang Sugianto - detikFinance
BBM Satu Harga Tekan Harga Solar di Natuna Foto: Grandyos Zafna
Natuna - Program Bahan Bakar Minyak (BBM) satu harga yang dicanangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menuai hasil. Beberapa wilayah di Indonesia timur serta pulau-pulau terpencil dan terluar mulai merasakan kesetaraan harga.

Di Natuna misalnya, Kabupaten yang terdiri 15 kecamatan berupa pulau-pulau kecil ini sudah lama memimpikan adanya kesetaraan harga BBM. Solar yang menjadi kebutuhan masyarakat setempat sebagai nelayan harganya lebih mahal ketimbang di kota besar lainnya.

"Dulu itu bedanya bisa Rp 2 ribu-3 ribu per liter. Memang permasalahan kita di sini distribusi, makanya harganya mahal," kata Wakil Bupati Natuna Ngesti Yuni Suprapti di Natuna, Jumat (20/10/2017).

Dia menjelaskan, mahalnya harga solar di Natuna lantaran adanya biaya tambahan pengiriman melalui jalur laut. Sementara untuk biaya pengiriman ke pulau-pulau di Natuna dibebankan kepada pengecer pangkalan di setiap pulau.

"Sehingga si pelaku usaha ini menambah biaya ongkos transportasi, jadi harga jualnya lebih mahal. Kalau program itukan Pertamina ikut menanggung biayanya," tambahnya.

Setelah program BBM satu harga tersebut digulirkan, perlahan harga solar di Natuna mulai menurun. Bahkan saat ini sudah hampir setara. Sejak tahun ini rata-rata harga solar di Natuna sekitar Rp 6-7 ribu per liter.

Kendati begitu, dari 15 kecamatan yang ada di Natuna setidaknya sudah ada 1 kecamatan yakni Bunguran Timur telah merasakan harga solar yang setara.

"Sekitar Oktober tahun ini rencananya Pak Jokowi akan meresmikannya. Kecamatan itu memang yang paling siap. Sisanya masih belum," tambahnya. (mkj/mkj)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed