Follow detikFinance
Minggu, 05 Nov 2017 10:30 WIB

Pemerintah Siapkan Aturan Kendaraan Listrik, Ini Langkah PLN

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Ilustrasi SPLU atau SPBU Listrik, Foto: Hasan Alhabshy Ilustrasi SPLU atau 'SPBU Listrik', Foto: Hasan Alhabshy
Tangerang - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menyebutkan rancangan Peraturan Presiden (Perpres) tentang Kendaraan Listrik sudah disampaikan ke Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Selanjutnya, draft Perpres ini akan dibahas lebih lanjut sebelum ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menyambut program tersebut, PT PLN (Persero) tengah menyiapkan titik-titik Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) sebagai infrastruktur pendukung kendaraan listrik. Salah satunya yang tengah disiapkan adalah sejumlah titik di Kota Tangerang.

Dalam sebuah seremoni kerja sama Pemerintah Kota Tangerang dan PLN, Walikota Tangerang, Arief Rachadiono Wismansyah menjajal sensasi menggunakan motor listrik sebagai bentuk kepeloporan mewujudkan Kota Tangerang yang bebas polusi.

"Motornya tidak ada suaranya dan tidak ada asap penyebab polusi," ungkap Arief seperti dikutip dari kereangan tertulis, Minggu (5/11/2017).

Di tangerang, PLN juga meresmikan Kampung Binaan PLN di RW 05, Kelurahan Kreo, Kecamatan Larangan, Kota Tangerang.

Kampung Binaan PLN diresmikan oleh General Manager PLN Distribusi Jakarta Raya, Ikhsan Asaad, dan Walikota Tangerang, Arief Rachadiono Wismansyah dengan penandatanganan batu prasasti.

Kampung Binaan ini merupakan salah satu bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) PLN Distribusi Jakarta Raya di tahun 2017.

Total bantuan kampung binaan yang diberikan sebesar Rp 109.800.000 yang diwujudkan antara lain pengembangan bank sampah, pengembangan kampung ramah anak, sarana kebersihan, pengembangan dan pelatihan ternak lele, sarana kesehatan, pengembangan kampung hijau, dan pengembangan kampung berkelir.

Selama menjadi kampung binaan PLN, warga berkomitmen untuk menjadikan Tangerang Benderang tanpa cantolan listrik liar dan melakukan pembayaran listrik tepat waktu sebelum tanggal 20.

PLN juga akan memantau perkembangan kampung binaanya dan membantu pengembangan di segala aspek agar masyarakat bisa lebih maju.

Ikhsan Asaad, General Manajer PLN Disjaya berharap agar sinergi positif yang dibangun antara PLN dan masyarakat Tangerang terus dijaga untuk mewujudkan Tangerang Benderang.

"PLN selalu mendukung upaya masyarakat untuk lebih mandiri di bidang ekonomi dan upaya menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat," tambah Ikhsan. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed