Follow detikFinance
Minggu 12 Nov 2017, 16:02 WIB

Dahlan: Pak Jonan Ingin Orang RI Beli Mobil Tesla Lebih Murah

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Dahlan: Pak Jonan Ingin Orang RI Beli Mobil Tesla Lebih Murah Foto: Dok. Kementerian ESDM.
Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan Jumat (10/11) lalu berkunjung ke Surabaya. Jonan melihat langsung mobil listrik Tesla milik Dahlan Iskan di halaman depan gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.

Dahlan membawa mobil listrik Tesla buatan Elon Musk saat menjadi pembicara dalam acara di Unair. Jonan pun ikut menjadi pembicara dalam acara tersebut.

Setelah acara berakhir, Jonan melihat langsung mobil listrik Tesla yang dibawa Dahlan dan sempat melihat berbagai sisinya juga interiornya. Jonan mengatakan kepada Dahlan bahwa nantinya harga beli mobil listrik Tesla model S bisa lebih murah.

"Pak Jonan sempat lihat-lihat dan kata dia nantinya orang Indonesia bisa beli Tesla dengan murah karena akan ada fasilitas pajak. Model S seperti saya punya itu akan bisa dibeli di Jakarta dengan harga Rp 1 miliar. Jauh dari harga yang saya ini yang hampir Rp 4 miliar," kata Menteri BUMN 2011-2014 Dahlan Iskan melalui pesan singkat kepada detikFinance, Jakarta, Minggu (12/11/2017).


Seperti diketahui pada Mei 2017 lalu Dahlan membeli mobil listrik asal Amerika Serikat seharga Rp 4 miliar. Dahlan mengaku ingin menunjukkan bahwa mobil listrik di luar negeri ada dan diterima pencinta otomotif.

"Saya beli Tesla bukan karena ingin punya Tesla, tapi untuk membuktikan saja bahwa mobil listrik itu di luar negeri sudah begitu berkembang dan majunya dan diterima masyarakat," kata Dahlan kala itu.


Dahlan menambahkan bahwa dirinya kini kian mencintai mobil listrik. Ia berkisah bagaimana hematnya baterai mobil listrik saat ia bepergian dari Surabaya ke Nganjuk dan sebaliknya.

"Saya kian jatuh cinta pada mobil listrik. Kapan itu saya coba ke Nganjuk saat baterainya tinggal 87%, muter-muter di Nganjuk lalu hadiri acara terus balik Surabaya. Sampai rumah baterainya masih 32%. Itu pertama kali Tesla saya kendarai ke luar kota," tutur Dahlan. (ara/mkj)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed