Follow detikFinance
Sabtu 18 Nov 2017, 09:45 WIB

Ditabrak Setya Novanto, Tiang Listrik atau Tiang Lampu?

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Ditabrak Setya Novanto, Tiang Listrik atau Tiang Lampu? Foto: dok. Istimewa
Jakarta - Beberapa hari belakangan ini ramai pemberitaan Setya Novanto. Mulai dari menghilang saat hendak dijemput paksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), hingga kecelakaan di tengah jalan.

Bagaikan drama, hidup sang Ketua DPR memang selalu menarik perhatian masyarakat. Semua hal yang berkaitan dengan Novanto selalu menjadi pembicaraan khalayak, terutama para netizen. Bahkan hingga sebuah tiang pun ikut ramai dibicarakan karena dikaitkan dengan sang Ketua DPR.

Tiang itu ramai dibicarakan karena masih bisa tegak berdiri walaupun telah ditabrak oleh mobil Fortuner yang ditumpangi Novanto. Padahal, kondisi mobil sendiri hancur akibat kecelakaan itu dan Novanto harus dilarikan ke RS Medika Permata Hijau karena mengalami luka parah dan kepalanya dikabarkan bengkak seperti bakpao.

Awalnya, banyak pihak menyangka tiang tersebut adalah tiang listrik. Para netizen yang prihatin dengan kondisi tiang listrik pasca ditabrak mobil Fortuner Setya Novanto pun ramai-ramai menyerukan #SaveTiangListrik. Tagar #SaveTiangListrik juga sempat jadi trending topic nomor satu di Twitter Indonesia tak lama ketika Novanto mengalami kecelakaan.

Tiang listrik yang terlibat dalam kecelakaan yang menimpa Ketua DPR Setya Novanto terus menarik perhatian netizen di dunia maya. Bahkan, salah satu warganet memanfaatkan momen dengan membuat akun Twitter bernama @TiangListrik_ID. Akun ini memposting sejumlah cuitan layaknya sosok yang menjadi korban, dan melakukan klarifikasi terhadap kejadian tersebut.

Tak hanya itu, bahkan pihak dari PT PLN (Persero) pun awalnya menyangka itu adalah tiang listrik. PLN juga merasa heran mengapa tiang tersebut masih bisa berdiri tegak walau telah ditabrak oleh kendaraan sekelas fortuner. Sekuat apapun tiang listrik PLN seharusnya bengkok juga kalau ditabrak mobil.

"Jadi walau terbuat dari apapun, tapi kalau ditabrak apalagi sekelas mobil itu (Fortuner) pasti ada minimal bengkok. Ada saksi enggak yang lihat nabrak? Saksi kalau tiang listrik PLN ditabrak Fortuner. Kalau benar ditabrak, enggak adalah (tiang listrik) yang sekuat itu, pasti bengkok," katanya kepada detikFinance, Jumat (17/11/2017) kemarin.


Namun saat ditelusuri detikFinance lebih dalam, ternyata tiang yang berdiri di Jalan Permata Berlian, Kawasan Permata Hijau, Jakarta Selatan itu ternyata berbentuk tiang lampu Penerangan Jalan Umum (JPU), dan bukan tiang listrik.

Kemudian Manajer Komunikasi, Hukum dan Administrasi PT PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya (Disjaya), Aries Dwianto, juga memastikan tiang tersebut ternyata bukanlah tiang listrik milik PLN. Namun, tiang itu merupakan PJU milik Pemerintah Kota (Pemkot) DKI.

"Itu tiang PJU milik Pemkot (DKI). Kalau PJU bukan (milik) PLN. Itu kan kelihatan ada lampu di atas kan berarti PJU," katanya.

Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Perindustrian dan Energi (DPE) DKI Jakarta, Yuli Hartono, juga membenarkan bahwa tiang itu merupakan PJU milik pemerintah DKI.

"Iya punya Pemprov itu, punya Pemerintah DKI," kata Yuli kepada detikFinance, Jakarta, Jumat (17/11/2017).

Dirinya mengatakan, bahwa tiang tersebut telah berdiri sejak lama di kawasan tersebut. Namun demikian, tak menjelaskan secara rinci sudah berapa lama lampu itu berdiri. Tiang yang berbahan dasar besi tersebut merupakan produk buatan dalam negeri.

"Kalau posisi (lampu) mah sudah dari dulu (ada) di situ," katanya. Iya, ya iyalah itu buatan dalam negeri. Itu dari tiangnya dari besi," jelasnya.


Walau nyatanya bukanlah tiang listrik, namun Yuli memberi penyataan yang serupa dengan pihak PLN. Terbuat atau berbahan dasar seperti apapun, namun tiang pasti akan mengalami kerusakan atau perubahan bentuk apabila ditabrak oleh kendaraan sekelas Fortuner, apalagi hingga membuat sang penumpang harus dilarikan ke rumah sakit akibat kecelakaan itu.

"Mobilnya kan Fortuner ya itu, (jadi) pasti bengkok paling enggak (kalau ditabrak). Harusnya bengkok itu, dan lampunya jatuh," kata Yuli.

Para netizen pun kembali membuat hastag baru di Twitter. Setelah sebelumnya netizen ramai menyerukan #SaveTiangListrik, namun setelah diketahui tiang itu merupakan PJU, seruan #SaveTiangLampu pun banyak bermunculan. Netizen tetap menaruh perhatian pada tiang tersebut apapun bentuknya selama masih berkaitan dengan Setya Novanto si tersangka kasus dugaan korupsi proyek e-KTP.

(ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed