Follow detikFinance
Selasa 05 Dec 2017, 21:06 WIB

Total Ajukan 39% Hak Kelola Blok Mahakam, Begini Tindaklanjutnya

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Total Ajukan 39% Hak Kelola Blok Mahakam, Begini Tindaklanjutnya Foto: Istimewa
Jakarta - Total E&P Indonesie dan Inpex Corporation berminat untuk ikut menggarap Blok Mahakam di Kalimantan Timur. Jika direstui, Total E&P dan Inpex akan mengelola Blok Mahakam bersama Pertamina.

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengungkapkan, pihaknya sudah mengetahui adanya minat tersebut di mana Total E&P dan Inpex berupaya mendapatkan hak kelola hingga 39%.

"Itu yang saya dengar. Akan kita selesaikan administrasi yang diperlukan untuk kelancaran," kata Arcandra di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (5/12/2017).

Arcandra menambahkan, saat ini tengah diselesaikan persyaratan administrasi agar Total E&P dan Inpex bisa ikut menggarap Blok Mahakam. Hanya saja Arcandra tidak merinci apa saja persyaratan tersebut.

"Akan sedang diselesaikan persyaratan administrasi yang berkaitan dengan proposal Total dan Inpex yang mereka mau masuk di Mahakam," tutur Arcandra.

Sebelumnya, Pertamina melalui anak usahanya PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI) siap melaksanakan pengelolaan di Blok Mahakam. Kesiapan tersebut sebagai bagian dari langkah strategis perusahaan dalam mendorong ketahanan energi nasional.

PHI juga telah menyelesaikan 5 rencana pengembangan lapangan/ POFD (Plan OF Further Development) di tahun 2017 untuk mendukung kegiatan pemboran pada tahun 2018, serta melaksanakan optimalisasi pengadaan rig dan material untuk menunjang kegiatan pemboran.

Pengelolaan blok Mahakam nantinya akan dilaksanakan oleh Pertamina Hulu Mahakam yang merupakan anak usaha dari Pertamina Hulu Indonesia. (ara/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed