Follow detikFinance
Rabu 06 Dec 2017, 13:50 WIB

Temui JK, Dubes AS Tawarkan Perluasan Jaringan Listrik di Papua

Rina Atriana - detikFinance
Temui JK, Dubes AS Tawarkan Perluasan Jaringan Listrik di Papua Foto: Rina
Jakarta - Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Joseph R Donovan menemui Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Donovan menyebut ada sejumlah hal yang dibahas dalam pertemuan tersebut.

"Kita membahas sejumlah hal yang bisa kita lakukan lebih baik di 2018 dalam kaitannya untuk meningkatkan hubungan antara Indonesia dan AS dan memperkuat kemitraan strategis yang kita miliki," kata Donovan usai pertemuan di Kantor Wakil Presiden, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (6/12/2017).

Donovan juga menyebut ada perusahaan AS yang berminat untuk membantu memperluas jaringan listrik di Papua.

"Juga ada beberapa perusahaan yang tertarik untuk memperluas jaringan listrik yang ada di Papua," jelas Donovan.

Menurut Donovan bahasan terkait hal tersebut masih singkat dan belum terlalu detail. Hanya saja ia memastikan dirinya akan berkomitmen memperkuat kemitraan kedua negara.

"Saya menekankan komitmen saya yang tetap kuat terkait kemitraan kedua negara," jelas Donovan.

Pertemuan Donovan dengan Wapres JK berlangsung tertutup. Pertemuan berlangsung selama kira-kira 45 menit.

Selain itu, ada sejumlah pokok bahasan lain yang juga dibicarakan dalam pertemuan tersebut. Salah satunya terkait investasi di bidang energi.

"Tadi juga secara khusus saya menjelaskan kepada Wapres mengenai perusahaan-perusahaan AS yang tertarik untuk berinvestasi di Indonesia terutama di bidang energi yang sudah ada investasi sebesar USD 5 miliar untuk diinvestasikan di Indonesia," kata Donovan.

Menurut Donovan, perusahaan-perusahaan tersebut telah menandatangani MoU yang disaksikan oleh wakil presiden kedua negara.

"Beberapa dari perusahaan ini sudah menandatangani MoU yang disaksikan juga oleh Wapres JK dan Wapres Pens pada April tahun ini. Dan kita ingin agar program-program itu cepat terealisasi," tutur Donovan.

Donovan menjelaskan, ia bersama JK baru membahas hal tersebut secara singkat.

"Kami membahas secara singkat terkait permasalahan ini. Kita ingin mencapai win-win solution dan kita sudah mengarah ke arah situ," jelas Donovan.

Selain itu, sempat disinggung juga soal perundingan divestasi saham Freeport. Meski tak ada perkembangan yang berarti.

"Kalau freeport kan lagi negosiasi, dan itu tidak sebenarnya saham freeport itu tetap, yang dinegosiasikan oleh menteri dan timnya," Kata Wapres JK. (rna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed