Follow detikFinance
Kamis 07 Dec 2017, 16:33 WIB

Laporan dari Yiling

Mau Bangun Pembangkit di Kaltara, Bos PLN Cek PLTA Terbesar Dunia

Niken Widya Yunita - detikFinance
Mau Bangun Pembangkit di Kaltara, Bos PLN Cek PLTA Terbesar Dunia Foto: Niken Widya Yunita/detikcom
Yiling - Dirut PLN Sofyan Basir mengunjungi Three Gorges Dam di Hubei Sheng, Yichang Shi, Yiling, China. Ini adalah Bendungan dan pembangkit listrik terbesar di dunia.

Sofyan didampingi Direktur Ekonomi PLN Sarwono Sudarto, Strategic Procurement Director PLN Supangkat Iwan Santoso, Corporate Planning Director PLN Syofvi Felienty Roekman, Direktur Bisnis area Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara PLN Djoko Rahardjo Abumanan, General Manager PLN Pembangkitan Sumatera Bagian Selatan R Bambang Anggono dan Direktur Human Capital Management PLN Muhammad Ali.

Sofyan mengajak rektor dan pakar seperti anggota Dewan Energi Nasional Tumiran, pakar manajemen dan ekonomi bisnis UGM Fahmy Radhi, dan Kepala Studi Energi UI Iwa Garniwa.

Three Gorges  Dam di ChinaThree Gorges Dam di China Foto: Niken Widya Yunita/detikcom



"Tadi kita lihat sama-sama raksasa pembangkit. Jadi semangat juara. Mereka belajar ke Amerika, Eropa, kembali dan menjadi yang terbesar di dunia. Demi kemaslahatan masyarakat mereka sendiri," ujar Sofyan usai mengunjungi Three Gorges Dam di Hubei Sheng, Yichang Shi, Yiling, China, Kamis (7/12/2017).

Sofyan mengatakan, ada sungai yang besar sekali di Kalimantan Utara (Kaltara) namanya Sungai Kayang. Potensi sampai 9.000 MW namun demand tak ada.

"Mungkin smelter bisa dari Freeport. Kita bisa, yang penting kemauan untuk menyatukan itu (membangun PLTU)," kata mantan Dirut BRI ini.

Three gorges DamThree gorges Dam Foto: Niken Widya Yunita/detikcom



Sofyan menerangkan, pihaknya sudah menjajaki kerja sama dengan Gubernur Kaltara. Gayung bersambut, Gubernur Kaltara sudah siap kerja sama dengan PLN.

Three Gorges Dam merupakan bendungan sekaligus pembangkit listrik tenaga air terbesar di dunia dengan kapasitas 22.500 MW. Konstruksi bendungan itu dimulai pada 4 Desember 1995.

Tipe bendungan gravitasi hidroelektrik. Bendungan memiliki 34 generator. Pada 2014, bendungan tersebut menghasilkan 98,8 terawatt/jam (TWh).

Three Gorges DamThree Gorges Dam Foto: Niken Widya Yunita/detikcom
(nwy/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed