Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 12 Des 2017 15:28 WIB

Catat! Ini Tips Agar Listrik di Rumah Aman Saat Banjir

Selfie Miftahul Jannah - detikFinance
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - Salah satu hal yang paling beresiko saat musim hujan dan banjir adalah korsleting listrik. Masyarakat perlu berhati-hati agar tak terjadi korsleting atau bahkan kebakaran yang diakibatkan komponen listrik tergenang atau terkena air hujan.

PT PLN Disjaya punya tips agar masyarakat aman selama banjir, Pertama, matikan peralatan listrik dan elektronik yang tersedia di dalam rumah. PLN juga menyarankan untuk memperhatikan posisi- posisi stop kontak listrik, kabel rol atau kabel ekstension yang berada di bawah atau dekat dengan lantai.

Biasanya kabel kabel yang berada di bawah atau lantai juga perlu diamankan, agar tidak terendam air banjir. Setelah itu, masyarakat diimbau untuk mematikan peralatan listrik dan elektronik yang berada dekat dengan lantai dan pindahkan ke posisi yang lebih aman.


Bila stop kontak sudah mulai tergenang air, maka matikan aliran listrik untuk sementara waktu dengan cara mematikan atau "OFF" MCB yang berada di KWh Meter. Tentunya hal ini perlu segera dilakukan sebagai tindakan pengamanan pertama, sebelum terjadi korsleting listrik.

Sementara itu, jika pelanggan memahami pembagian beban pada instalasi istri di rumah, PLN menyarankan masyarakat agar bisa mematikan MCB yang ada di Box MCB untuk aliran listrik yang mengarah ke stop kontak yang akan dimatikan.

Kemudian perhatikan kondisi mesin air atau jet pump, jika mesin air sudah nyaris terendam air, pelanggan harus segera mencabut kabel listrik dari stop kontak agar mesin tidak menyala.

Jika ada sesuatu yang dianggap membahayakan segera menghubungi Call Center 123 tau bila kondisi sudah tidak aman, langkah terakhir yang harus dilakukan yaitu mengungsi ke daerah aman sedini mungkin. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed